Cabor Berkuda Terus Geber Latihan Tim Endurance Jarak 60 Km

Institusi2257 Dilihat

Bandar Lampung – Tiga atlet berkuda dari Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) provinsi Lampung terus melakukan persiapan lomba Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 secara intensif terutama untuk nomor Endurance atau ketahanan berkuda.

Ketiga atlet Endurance itu, Letkol Hengky yang saat ini bertugas di Bogor terus berpacu dengan waktu tugas keseharian dan berlatih dengan kuda yang dipersiapkan di sana.

Sementara Rasyid Riyadi dan Koptu Legiono berlatih rutin di Lampung dengan lokasi latihan di perkebunan PTPN VII yang berada di kawasan kabupaten Lampung Selatan dimulai dari daerah Sabah Balau.

“Mereka bertiga saat ini yang sudah dipastikan untuk turun di PON XXI pada nomor Endurance tetap menjaga intensitas latihan secara teratur. Ketua Pordasi Lampung, Dokter Hengky karena sementara ini bertugas di Kostrad Bogor, Jawa Barat, maka beliau tetap secara rutin berlatih di sana, dan medannya memadai.” Ungkap Wakil Ketua Pordasi Lampung, Romy Herwansyah.

Sementara dua atlet lainnya dengan kuda masing-masing terus menembus target latihan ketahanan 60 Km pada setiap hari Sabtu pagi di perkebunan karet PTPN VII.

“Secara bergantian, kami menjadwalkan latihan dari Selasa hingga Sabtu. Dimana ada latihan mandiri atletnya dan juga latihan mandiri untuk kudanya. Karena pada nomor ini harus menyiapkan dua atlet sekaligus, yakni atlet dan kudanya.” Tambahnya,

Dalam latihan gabungan setiap Sabtu pagi, juga disertai dengan beberapa riders junioar dan pelapis sehingga suasana lomba tetap tercipta dalam latihan ini.

“Endurance memang cukup berat. Ketahanan fisik dan mental sangat diperlukan di sini, maka harus terus diciptakan ada suasana kompetisi dalam setiap tahapan latihannya. Agar seluruh kemampuan dan ketahanan bisa dimaksimalkan oleh atlet maupun kudanya,” ujar Romy.

Meskipun tak ditargetkan medali oleh KONI Provinsi Lampung, namun berkuda sebagai cabor yang baru bergabung di kontingen Lampung ini, bertekad untuk memberikan sumbangsih medali.
“Tetap dong. Kami memiliki target meraih medali, meskipun secara target kontingen kami tidak dibebani oleh KONI Lampung,” tambah Romy.

Sementara itu pada nomor Dressage dan Jumping, Pordasi Pusat masih memberlakukan babak kualifikasi tambahan sebagai uji kelayakan peserta yang diadakan sekitar bulan Mei 2024, namun demikian Lampung yakin bahwa akan meloloskan atlet dari nomor ini.

“Karena ada beberapa perubahan ketentuan dari PP Pordasi, maka ada perubahan pula didua nomor itu. Namun kami yakin bisa mengirimkan wakil Lampung ke PON XXI,” katanya.

Sementara satu nomor lainnya yakni Horseback Archery (HBA) tetap akan dikirimkan beberapa atlet, meskipun nomor ini masih dalam kapasitas eksibhisi, atau belum secara resmi dipertandingkan di PON XDI.

Hms KONI

Komentar