Unila Gelar Rangkaian Kegiatan Forpimawa 2024: Fokus pada Peran Mahasiswa dalam Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045

Kabar Kampus490 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Rangkaian kegiatan Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan (Forpimawa) se-Indonesia tahun 2024 yang diselenggarakan Universitas Lampung (Unila) berlanjut.

Agenda berisi sosialisasi program, stadium general, dan rapat kerja Forpimawa tahun 2024 di Hotel Grand Mercure, Kamis malam, 7 Maret 2024.

Sosialisasi pertama diisi Ravik Karsidi, selaku Staf Khusus Menko PMK RI yang memaparkan materi Kepeloporan Mahasiswa Sebagai Generasi Tangguh Menuju Indonesia Emas 2024.

Pada sesi pemaparan, Ravik menyampaikan empat pilar mewujudkan visi Indonesia emas tahun 2045. Visi tersebut antara lain pembangunan manusia dan penguasaan Iptek, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, pemantapan ketahanan nasional, dan tata kelola pemerintahan.

“Dalam hal ini mahasiswa menjadi kelompok vital yang menjadi sasaran basis demografi Indonesia yang diperlukan pada sumber daya manusia tangguh 2045 yang disebut 3C yakni competency, capability, dan capacity,” ujarnya.

Competency kemampuan meliputi aspek pengetahuan, sikap, keterampilan untuk bisa memangku suatu jabatan tertentu. Capability meliputi kemampuan mengatasi masalah dan mencari solusi. Capacity menjadikan suatu karya maksimal dari suatu fasilitas tertentu sebagai output dalam waktu tentu.

Selanjutnya, sosialisasi dilanjutkan dengan penyampaian materi Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T., mengenai Program Belmawa.

Ia menyampaikan, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) saat ini mampu mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang berorientasi ke masa depan yang ditempa dengan transformasi pendidikan tinggi, sehingga menjadi lulusan unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila.

Selanjutnya pada Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) bertujuan untuk meningkatkan jumlah mahasiswa menjalankan wirausaha di perguruan tinggi yang berprinsip pada pengembangan karakter inovatif, berdampak, dan berkelanjutan dengan melibatkan dunia usaha dunia industri serta komunitas, pemerintah, maupun pemangku kepentingan lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Dr. Maria Veronica Irene Herdjiyono, M.Si., mengenai pusat prestasi nasional dan sesi panel penguatan aspek penalaran Forpimawa oleh Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T., Ph.D., IPU., dan Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes., CWM.

Pada penghujung acara, para pengurus dan anggota Forpimawa 2024 mengadakan rapat kerja yang terdiri dari empat bidang komisi dengan paparan hasil diskusi mengenai rencana program kerja dalam jangka waktu satu tahun ke depan.

Humas UNILA

Komentar