Pemkot Bandar Lampung Bentuk Satgas Pemantau Rumah yang Ditinggal Mudik Lebaran

Bandar Lampung760 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kota Bandar Lampung membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pemantau Rumah yang ditinggal pemudik selama libur Lebaran 2024.


Pembentukan Satgas Pemantau Rumah ini untuk memastikan keamanan di tiap pemukiman warga yang ditinggal agar tidak jadi sasaran pencuri.

Hal tersebut dikatakan Walikota Bandar Lampung, Eva Dwiana usai ikut giat apel Operasi Kepolisian Terpusat (Ketupat) di Mapolresta Bandar Lampung, Rabu (03/04/24).

“Insyaallah Satgasnya terdiri dari Linmas, RT, Kaling, dan Bhabinkamtibmas serta Bhabinsa. Kami siagakan patroli juga eatgas untuk memantau rumah pemudik di Kota Bandar Lampung yang ditinggalkan,” ujar Eva Dwiana.

Ia pun mengimbau, agar pemudik yang meninggalkan rumahnya untuk melapor ke pamong setempat atau tetangga sekitarnya.

“Bunda tolong sekali, bagi pemudik dari Bandar Lampung agar menginformasikannya ke RT, Lurah, atau minimal tetangga. Karena informasi itu sangat penting supaya rumahnya akan dipantau,” jelasnya.

Pemkot juga mengerahkan ratusan personel dari OPD terkait untuk berpatroli di Kota Tapis Berseri selama mudik. Jajaran Pemkot akan memperketat pengamanan daerah tahun ini. Sebab, masa libur lebaran tersebut lebih panjang, yaitu hingga 15 April.

“Kami juga memohon maaf lahir dan batin apabila tidak nyaman atas imbauan ini. Karena hari libur lebaran tahun 2024 cukup panjang dan penjagaannya juga harus ketat. Supaya mudiknya aman dan tentram,” Imbuhnya

Sementara Kapolresta Bandar Lampung, Kombes Abdul Waras, menjelaskan Operasi Ketupat akan menyiagakan sembilan posko untuk melakukan pengamanan arus mudik.

Posko itu terdiri dari 1 pos terpadu, 2 pos pelayanan, dan 5 pos pengamanan. Lokasi posko itu berada di Pospam Ryacudu, Tugu Raden Intan, Kemiling, Bambu Kuning, Lapangan Baruna Panjang, dan Sukamaju.

Sementara, untuk pos pelayanan berada di Terminal Rajabasa, Ramayana, dan Pelabuhan Panjang. “Kami menerjunkan 427 personel untuk siaga di sembilan pos itu,” ujarnya.

Pihaknya juga menyediakan tempat penitipan motor di setiap Polres dan Polsek untuk masyarakat yang ingin mudik lebaran 2024. Masyarakat juga harus memastikan sendiri keamanan rumah sebelum meninggalkannya.

“Periksa dulu listrik, kompor, dan jangan lupa melapor RT atau tetangga yang tidak mudik agar sama-sama memantau,” kata dia.

Rilis

Komentar