Kemlu RI Pastikan 115 WNI di Israel Aman Saat Ada Serangan Iran

Nasional1285 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia mengatakan telah memantau kondisi warga negara Indonesia (WNI) di Israel aman usai Iran meluncurkan serangan balasan. Kemlu RI mengatakan ada 115 WNI di Israel.

“Kementerian Luar Negeri telah memantau dari dekat situasi eskalasi pascaserangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran yang ada di Damaskus, termasuk situasi dan kondisi WNI di kawasan. KBRI Amman telah menjalani komunikasi dengan warga negara Indonesia di Israel hingga saat ini tidak ada informasi WNI yang terdampak atas serangan balasan Iran kepada Israel,” ujar Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia Kemlu RI, Judha Nugraha, kepada wartawan, Senin (15/4/2024).

Dia mengatakan 115 orang WNI di Israel mayoritas menetap di Yerusalem dan Tel Aviv. Selain itu, katanya, ada 376 orang WNI di Iran yang mayoritas merupakan mahasiswa.

Judha mengatakan Kemlu telah menyampaikan imbauan agar WNI di Israel dan Iran meningkatkan kewaspadaan. Kemlu pun mengimbau warga menunda perjalanan yang tidak penting ke Israel dan Iran.

“Pada 13 April 2024, Kementerian Luar Negeri telah menyampaikan imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan dan menunda perjalanan yang tidak esensial ke Israel maupun ke Iran dan jika terjadi situasi kedaruratan agar segera menghubungi hotline perwakilan RI yang terdekat,” ujarnya.

Sebelumnya, Iran meluncurkan serangan yang diklaim sebagai balasan ke Israel pada Sabtu (13/4). Iran mengatakan serangan itu merupakan balasan atas serangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Damaskus, Suriah, pada 1 April 2024.

detik

Komentar