Kehadiran ASN Pemkot Bandar Lampung Capai 99 Persen

Bandar Lampung58 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bandar Lampung mengakui 99 persen Aparatur Sipil Negara (ASN) hadir langsung ke kantor atau Work From Office (WFO) usai cuti bersama lebaran Idulfitri.

Kepala BKPSDM Kota Bandar Lampung, Herliwati menyampaikan, pihaknya mengikuti instruksi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Dalam instruksi tersebut, ASN di instansi tertentu untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) pada 16-17 April 2024.
Namun di hari pertama usai cuti bersama lebaran Idulfitri, ASN di semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hadir dan bekerja normal di kantor.

“Rata-rata di OPD 100 persen masuk. Jadi ya 99 persen ASN masuk semua hadir di kantor,” ujarnya, Selasa, 16 April 2024.
Menurutnya, terdapat juga beberapa ASN yang sudah izin untuk WFH atau bekerja dari rumah sesuai dengan Kemenpan RB.

“Tapi yang penting ASN yang WFH bukan yang kerjanya di pelayanan. Karena tidak boleh kurang dari 50 persen kalau pelayanan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan berdasarkan Surat Edaran Kemenpan RB Nomor 1 Tahun 2024 bertujuan untuk mengantisipasi kemacetan pada arus balik lebaran ini.

“Yang WFH juga jika diperlukan bisa berkomunikasi dengan kita. Jadi selama jam kerja nomor teleponnya aktif sehingga semua tetap bekerja,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan apabila kedapatan ASN bolos kerja maka akan mendapat sanksi.
“Jadi setelah cuti bersama semua ASN dengan sadar mengetahui bahwa mereka harus kerja. Paling ada beberapa ASN yang izin,” tuturnya.

Sidak
Sementara itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung melakukan inspeksi mendadak (sidak) kehadiran ASN. Pengawasan itu ke sejumlah fasilitas pelayanan publik dan satuan kerja (satker), Selasa, 16 April 2024.

Sekretaris Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, mengatakan sidak itu untuk memantau tingkat kehadiran ASN di hari pertama kerja usai libur cuti bersama Idulfitri 2024.

“Kami bagi empat tim untuk memantau seluruh satker. Gubernur juga ikut memantau layanan publik,” ujar Fahrizal, Selasa, 16 April 2024.

Lampos

Komentar