Dilepas Rektor UIN MY Batusangkar, Jenasah Dr. H.Soritua Harahap akan Dimakamkan di Ponpes Farhan Syarif Hidayat

Kabar Kampus187 Dilihat

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) – Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar sosok kehilangan sosok panutan, seorang muslim yang baik Dr. H. Soritua Harahap, MM. Kepala Biro UAPK UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang wafat pada pukul 8.45 wib, Jumat 3 Mei 2024.

Sosok akademik yang sudah malang melintang di korps Kementerian Agama ini, menghembuskan nafas terakhirnya dalam usia 55 tahun, saat menjadi penceramah/tausiah wirid bulanan di hadapan pimpinan, dosen, karyawan dan juga mahasiswa di masjid kampus II UIN Mahmud Yunus Batusangkar Jum’at, 03/05/24.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kalian mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. [Surat Ali ‘Imran 102].

“Ibarat sebuah perjalanan panjang, itulah kehidupan ini. Lika-likunya kehidupan akan berakhir dengan sebuah peristiwa yang disebut kematian. Semua orang pasti akan sampai diakhir kehidupan tersebut. Suka ataupun tidak suka. Hari ini atau besok. Ketika masih muda maupun nanti ketika sudah tua. Yang jelas waktu itu pasti akan menghampiri.”

Putra kelahiran Desa Padang Garugur, Padang Lawas Utara Sumatera Utara tahun 1968, kembali ke tuhannya yang begitu indah dan juga yang dicemburui banyak umat muslim, Almarhum wafat pada hari baik (jum’at) tempat yang sangat baik (dalam masjid) dalam acara yang sangat amat baik (penyampaian tausiah)

Almarhum dipastikan wafat di Rumah Sakit Ali Hanafi Batusangkar, setelah serangkaian pemeriksaan medis, dan diselenggarakan di kediamanan rumah dinas UAPK UIN Mahmud Yunus Batusangkar Perumahan Rizano Cubadak Batusangkar, yang disholatkan di Masjid Kampus II UIN Mahmud Yunus Batusangkar, sebelum Almarhum dimakamkan di Pondok Pesantren Farhan Syarif Hidayat, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar mengungkapkan, secara pribadi dan institusi sangat kehilangan atas kepergian seorang pribadi yang rendah hati dan tegas, kita cukup kaget kehilangan sosok yang murah senyum ini.

Beliau pergi begitu cepat, karena almarhum dicintai Allah SWT, sebagai orang yang baik. Pihaknya berharap UIN Mahmud Yunus Batusangkar bisa melepaskan dan mengikhlaskan beliau dengan senyum. kita pun beruntung dapat mengenal, menjadi bagian keluarganya di Batusangkar, “ujar Prof Marjoni saat memberikan sambutan pelepasan jenazah almarhum”.

“Almarhum di lantik menjadi kepala Biro UAPK saat IAIN Batusangkar oleh Menteri Agama RI pada januari tahun 2022, yang berbareangan dengan Pejabat Eselon II lainnya, sebelumya almarhum menjadi Kapala Biro UAPK IAIN Padangsidimpuan.”

Selanjutnya, jenazah almarhum akan kita antarkan via darat ke tempat pemakamannya di Pondok Pesantren Farhan Syarif Hidayat Sumut, dan juga diiringi keluarga besar UIN Mahmud Yunus Batusangkar”, ucap Rektor yang disaksikan ratusan pelayat yang turut hadir di masjid Kampus II UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Red

Komentar