Tim Pusat Monitoring Pelaksanaan UTBK SNBT Gelombang Pertama di Unila

Kabar Kampus175 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) dari panitia pusat penangung jawab SNPMB Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pusat melakukan Monev terkait pelaksanaan UTBK Tahun 2024 di Universitas Lampung (Unila) pada Jumat, 3 Mei 2024.

Pelaksanaan UTBK SNBT gelombang pertama Unila diikuti 11.533 peserta. Monev dipantau langsung panitia pusat SNPMB pusat Prof. Dr. Urip Purwono dari Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) selama dua hari, 3-4 Mei 2024.

Kehadiran Prof. Urip disambut baik Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Muhamad Komarudin, S.T., M.T., beserta tim PMB Unila di UPT TIK Unila.

UTBK SNBT gelombang pertama dinilai sudah baik sesuai Prosedur Operasional Baku (POB) yang ditetapkan pusat. Fasilitas yang disiapkan juga sudah sesuai dengan persyaratan, dilihat dari sarana dan prasarana seperti ruangan, peralatan, serta perangkat yang digunakan.

Prof. Urip berharap, persiapan, sistem serta penyelenggaraan UTBK SNBT berjalan dengan baik. Meskipun dalam segi keamanan sudah baik, panitia pengawas diharapkan lebih adaptif dalam mengatasi berbagai tantangan yang mungkin muncul selama proses penyelenggaraan UTBK SNBT, seperti perubahan kebijakan atau kondisi tak terduga lainnya.

“Tentunya penting untuk melakukan persiapan dan menyiapkan sistem yang baik selama penyelenggaraan UTBK. Namun, upaya-upaya untuk melakukan kecurangan semakin berkembang sehingga pengawas perlu beradaptasi dengan perubahan teknologi yang cepat,” ujarnya.

Selain melakukan monev secara langsung, Prof. Urip mengatakan, pemantauan pelaksanaan UTBK SNBT dilakukan secara real time.

Pelaksanaan UTBK SNBT dipantau secara online oleh tim pusat untuk memastikan tidak ada kendala yang terjadi atau pihak penyelenggara dapat langsung mengantisipasi apabila ada kendala atau masalah selama ujian dilaksanakan.

Humas UNILA

Komentar