Luluskan 1.100 Mahasiswa, Rektor UIN RIL Harap Bisa Jadi Solusi Permasalahan Sosial di Masyarakat

Kabar Kampus863 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) kembali meluluskan 1.100 orang lulusan. Adapun wisuda tersebut untuk program sarjana, magister, dan doktor periode-2 yang berlangsung di GSG kampus setempat pada Kamis, 16 Mei 2024.

Pada kesempatan itu, Rektor UIN RIL, Wan Jamaluddin, memberikan pesan khusus kepada lulusan.

Rektor berharap kepada para alumni untuk mampu menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial.

Upaya itu menurutnya dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Sebab di masa ini, lulusan perguruan tinggi dituntut memiliki kecakapan hidup abad 21 yang dikenal dengan istilah 4C.

Yakni creativity (kreatifitas), critical thinking (berpikir kritis), communication (berkomunikasi dengan baik), dan collaboration (menjalin kerjasama).

“Para alumni harus siap menghadapi era society 5.0 yaitu sebuah konsep masyarakat yang berpusat pada manusia dan berbasis teknologi,” kata Wan Jamaluddin.

Berakhirnya status sebagai mahasiswa menurutnya bukanlah akhir dari sebuah proses.

Untuk itu ia juga meminta agar lulusannya tetap menjadi pembelajar yang sejati. Senantiasa tertarik untuk meningkatkan kapasitas ilmu pengetahuan baik melalui studi formal maupun belajar secara informal.

Untuk itu, kesempatan melanjutkan pendidikan masih terbuka untuk mereka yang mau belajar.

UIN RIL menurutnya saat ini memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat untuk menempuh pendidikan tinggi di UIN Raden Intan Lampung.

Beberapa jalur penerimaan yang dibuka yaitu jalur UM-PTKIN, SNBT, serta jalur ujian mandiri.

“Kami juga menyediakan berbagai beasiswa seperti beasiswa KIP Kuliah, beasiswa badan layanan umum bagi mereka yang berprestasi akademik maupun non akademik. Serta beasiswa hasil kerja sama dengan instansi baik pemerintah maupun swasta,” katanya.

Lulusan Terbaik

Untuk diketahui bahwa pada wisuda periode 2024 ini terdapat 1.100 wisudawan yang berhasil lulus dari UIN RIL. Jumlah itu meliputi 6 program doktor, 23 program magister.

467 wisudawan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 180 dari Fakultas Syariah, 99 wisudawan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

Kemudian 132 wisudawan dari Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 190 wisudawan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Serta 3 wisudawan lainnya dari Fakultas Adab.

Adapun nama Muhammad Ilham Jaya Kesuma muncul sebagai wisudawan terbaik tingkat universitas dengan IPK 3,95.

Ia lahir di Bandar Lampung 20 April 2002, dan menempuh pendidikan di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Prodi Pendidikan Agama Islam.

Lulus dengan predikat Summa Cumlaude dengan masa studi 3 tahun 5 bulan.

Lampost

Komentar