UIN MY Batusangkar Turunkan Tim Konseling Traumatik Pasca Galodo Banjir Bandang

Kabar Kampus703 Dilihat

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) – Menanggapi bencana galodo banjir bandang yang melanda Nagari Limakaum, Nagari Rambatan, dan Nagari Cubadak, Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar telah menurunkan tim konseling traumatik untuk membantu masyarakat terdampak, 16/05/2024.

Tim ini dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prof. Dr. Suswati Hendriani, M.Pd., dan didukung oleh konselor profesional dari Dosen Bimbingan dan Konseling (BK) FTIK UIN Mahmud Yunus Batusangkar, bersama mahasiswa BK.

Adapun dosen yang terlibat antara lain Dr. Masril, M.Pd.,Kons, Dr.Rafsel Tasadi (Kaprod BK), Dr.Irman (Dekan III Fuad/Dosen BK), Dr.Silvianetri (Kaprodi BKPI), Desri Jumiarti, M.Pd., Kons (Kepala Labor BK), Dr.Darimis (Dosen BK), Emeliya Hardi, M.Pd (Dosen BK), Wenda Asmita, M.Pd (Dosen BK) dan Nory Natalia (Dosen BK). Mereka mengumpulkan korban di lokasi yang aman dan nyaman untuk memberikan dukungan.

Kegiatan konseling traumatik ini telah dimulai pada hari Rabu, 15 Mei 2024, dengan melakukan survei keadaan anak-anak yang terdampak bencana. Pada hari ini, 16 Mei 2024, dan seterusnya, tim akan melanjutkan dengan konseling trauma yang meliputi konseling individual dan konseling kelompok bagi masyarakat sekitar bencana.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Prof. Dr. Suswati Hendriani, menyatakan, “Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat, terutama anak-anak, mengatasi trauma pasca bencana. Kami berharap melalui konseling ini, mereka dapat pulih secara psikologis dan kembali menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik.”

Kegiatan ini mendapat sambutan baik dari Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, S.P., dan Bupati Tanah Datar, Eka Putra, S.E., M.M. Kedua pemimpin daerah tersebut mengucapkan terima kasih kepada pihak UIN Mahmud Yunus Batusangkar atas inisiatif dan kepedulian mereka terhadap masyarakat yang terdampak bencana.

“Kami sangat menghargai dan berterima kasih kepada UIN Mahmud Yunus Batusangkar atas bantuan yang diberikan. Ini adalah langkah penting dalam upaya pemulihan pasca bencana,” ujar Gubernur Mahyeldi Ansharullah.

Dengan adanya tim konseling traumatik dari UIN Mahmud Yunus Batusangkar, diharapkan masyarakat yang terdampak bencana dapat mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk pulih dari trauma yang dialami. Kegiatan ini juga menunjukkan komitmen UIN Mahmud Yunus Batusangkar dalam memberikan kontribusi nyata bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Prof. Dr. Suswati Hendriani menambahkan bahwa tim konseling akan bekerja secara berkelanjutan untuk memastikan semua kebutuhan psikologis masyarakat terpenuhi.

“Kami akan terus memantau dan mendampingi masyarakat hingga mereka benar-benar pulih dari trauma. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk memberikan layanan yang menyeluruh dan berkelanjutan,” jelasnya.

Selain itu, Dr. Irman, ketua tim konseling, menyampaikan bahwa pendekatan yang digunakan dalam konseling adalah pendekatan holistik yang melibatkan berbagai aspek kehidupan masyarakat, termasuk aspek spiritual, emosional, dan sosial. “Kami berusaha untuk memberikan dukungan yang komprehensif agar masyarakat dapat bangkit kembali dengan semangat yang baru,” tambah Dr. Irman.

Dengan upaya dan dedikasi dari tim konseling traumatik UIN Mahmud Yunus Batusangkar, diharapkan masyarakat di Nagari Limakaum, Nagari Rambatan, dan Nagari Cubadak dapat kembali menata kehidupan mereka dengan lebih baik dan optimis menghadapi masa depan.

Red

Komentar