Wisuda Periode II 2024, Rektor Ajak Alumni Harus Siap Hadapi Era Society 5.0

Kabar Kampus1068 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD mengajak para alumni harus siap menghadapi era Society 5.0.

Hal ini disampaikan pada Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Periode II Tahun 2024, Kamis (16/05/2024).

“Pada era ini, masyarakat diharapkan mampu menyelesaikan berbagai tantangan dan permasalahan sosial dengan memanfaatkan berbagai inovasi yang lahir di era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan kualitas hidup manusia,” ujar Rektor.

Rektor berharap, para alumni dapat memiliki kecakapan hidup abad 21 yang dikenal dengan istilah 4C, yakni creativity (kreativitas), critical thinking (berpikir kritis), communication (berkomunikasi dengan baik), dan collaboration (menjalin kerjasama).

Tercatat sebanyak 1100 wisudawan yang terdiri dari 1071 wisudawan Sarjana (S1), 23 wisudawan magister (S2), dan 6 wisudawan program doktor (S3).

Acara ini dibuka oleh Ketua Senat UIN RIL Prof Dr Idham Kholid MAg yang berlangsung sepenuhnya secara luring. Prosesi terbagi menjadi dua sesi yakni pagi dan siang di Gedung Serba Guna (GSG) KH Ahmad Hanafiah kampus setempat dan disiarkan secara Live di platform Youtube UIN RIL.

Adapun rincian wisudawan yang diluluskan pada program sarjana diantaranya, 467 wisudawan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), 180 wisudawan Fakultas Syariah (FS), 99 wisudawan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA), 132 wisudawan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK), 190 wisudawan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), serta 3 wisudawan Fakultas Adab.

Wisudawan terbaik universitas atas nama Muhammad Ilham Jaya Kesuma dari prodi Pendidikan Agama Islam FTK dengan masa studi 3 tahun 5 bulan IPK 3,95. Wisudawan terbaik untuk program doktor atas nama Sanusi dari S3 Hukum Keluarga IPK 3,77. Lalu program magister atas nama Ade Rahmad Kurniawan dari prodi S2 Manajemen Pendidikan Islam dengan IPK 3,91.

Rektor atas nama pribadi dan pimpinan mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Dia juga sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada orang tua dan keluarga wisudawan yang memberi kepercayaan kepada UIN Raden Intan Lampung.

“Teruslah belajar karena menuntut ilmu tidak ada batasnya. Semoga ilmu, keterampilan, keahlian, dan pengalaman yang diperoleh, akan menjadi bekal yang berguna di tengah masyarakat, dan mengantarkan kepada langkah lebih baik dan lebih sukses pada masa akan datang. Aamiin,” tutupnya.

Sedangkan wisudawan terbaik dari tiap fakultas yakni FTK atas nama Muhammad Ilham Jaya Kesuma yang juga menyandang sebagai wisudawan terbaik universitas periode ini; FS atas nama Windi Wulandari dari prodi Hukum Ekonomi Syariah dengan IPK 3,92; FUSA atas nama Afina Oktavia dari prodi Psikologi Islam IPK 3,85; FDIK atas nama Ayulatifatul Hamdanah dari Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IPK 3,84; FEBI atas nama Dina Putri Febriani dari prodi Akuntansi Syariah IPK 3,77; dan FA atas nama Muhamad Habib Hizbulloh dari prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII) dengan IPK 3,84.

Di samping wisudawan terbaik, terdapat juga skripsi, tesis, dan disertasi terbaik. Disertasi terbaik diraih oleh Gugus Kriswahyudi dengan judul Manajemen Kepala Madrasah Aliyah dalam Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan.

Tesis terbaik atas nama Eka Putri Zulfatussoraya dengan judul Ta’tsiirun Indibaatu Al Mu’allimiin Walkafaa Atuttarbiyyatu ‘Alaa Adaaihim Fii Ta’liimu Al-Lughotul ‘Arabiyyah Fii Madrosati Al-Islaamiyyah Al Mutakaamilah Naatar Lambung A.l-Januubiyyah

Skripsi terbaik atas nama Aulia Rahmadini dengan judul Analisis Inovasi Produk dalam Meningkatkan Penjualan Mochi Ichiga Daifuku, Ditinjau dalam Persepektif Bisnis Islam (Studi pada Bang Panji Foods Lampung).

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga memberikan penghargaan kepada pengelola Jurnal ilmiah Al ‘Adalah yang telah berhasil terindeks sebagai jurnal internasional Scopus.

Tak hanya itu, komitmen UIN Raden Intan Lampung sebagai kampus hijau berkelanjutan juga kembali berhasil meraih ISO 14001:2015 tentang Sistem Manajemen Lingkungan. Penyerahan Sertifikat ISO 14001:2015 diberikan oleh Ketua Tim Pengembangan Kampus Berkelanjutan dan Berwawasan Lingkungan (TPKBBL), Suci Wulan Pawhestri MSi kepada Rektor. Atas capaian itu, penghargaan pun diberikan kepada Ketua TPKBBL.

Adpim

Komentar