Rektor Ajak DPL KKN Amalkan Nilai Strategis Pengabdian kepada Masyarakat

Kabar Kampus854 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD mengajak dosen untuk mengembangkan diri dalam pengabdian kepada masyarakat. Hal ini disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kuliah Kerja Nyata (KKN) di GSG Fakultas Syariah, Rabu (22/05/2024).

Dalam sambutannya, Rektor menyampaikan, KKN bukan hanya sekedar rutinitas tahunan, tetapi merupakan kesempatan emas bagi para dosen untuk mengamalkan nilai-nilai strategis dalam pengabdian kepada masyarakat.

“Menjadi seorang DPL merupakan amanat yang sangat mulia dan memiliki nilai strategis, tidak saja melaksanakan kegiatan rutinitas sebagai dosen tetapi juga dapat mengembangkan diri dalam program tri dharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat,” ucap Rektor.

Dalam melaksanakan tugas sebagai DPL, Rektor menekankan pentingnya interaksi para DPL dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat di lokasi KKN. Interaksi ini diharapkan dapat membantu DPL dalam memahami budaya dan adat istiadat setempat, sehingga program KKN yang dilaksanakan dapat lebih tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

Lebih lanjut, Rektor mendorong para DPL untuk menjadikan pengalaman KKN sebagai inspirasi dalam mengembangkan penelitian. Interaksi dengan masyarakat dan pemahaman budaya lokal dapat membuka peluang untuk penelitian yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.

“Inspirasi itu bisa berupa data, problem, potensi, sosial budaya, termasuk juga potensi ekonomi yang sangat mungkin Bapak Ibu temukan, yang dapat diangkat menjadi tema-tema penelitian maupun kerjasama kelembagaan antara UIN dengan pemerintah ataupun stakeholder di tengah-tengah masyarakat,” tuturnya.

“Kampus kita telah meneguhkan visi besar sejak transformasi kelembagaan sebagai kampus yang berwawasan lingkungan. Karenanya, program kegiatan masyarakat dalam hal ini KKN memiliki makna dan nilai strategis dalam memperteguh dan memperkuat konsep wawasan serta praktik wawasan lingkungan bagi kalangan sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung,” tambah Rektor.

Rektor juga mengajak para DPL seluruhnya untuk bisa melakukan promosi-promosi terbaik UIN Raden Intan Lampung, di samping menggali potensi baik penelitian dan kerja sama dengan stakeholder masyarakat yang ada di daerah.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas) ini diikuti 291 DPL. Turut hadir Wakil Rektor I, Kepala Biro AAKK/Plt AUPK, para Dekan, Wakil Dekan, dan jajaran Kepala Pusat (Kapus) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M).

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menghasilkan KKN yang berkualitas, bermanfaat bagi masyarakat, dan dapat memberikan kontribusi positif bagi pengembangan tri dharma perguruan tinggi UIN Raden Intan Lampung.

Ketua LP2M Prof Dr H A Kumedi Ja’far SAg MH dalam laporannya menyampaikan total peserta KKN UIN RIL 2024 sebanyak 4883 mahasiswa. Terbagi atas KKN Reguler 4798 mahasiswa dan KKN Non-Reguler 85 mahasiswa.

Mahasiswa KKN Reguler akan tersebar di empat kabupaten yaitu Lampung Barat 1127 mahasiswa, Mesuji 805 mahasiswa, Lampung Selatan 1346 mahasiswa, Pesawaran 1520 mahasiswa.

Sedangkan KKN Non Reguler terdiri atas:

  1. KKN Kebangsaan 5 Mahasiswa, di UNPATTI Maluku, yang akan dilaksanakan pada tanggal 22 Juli – 22 Agustus 2024
  2. KKN Moderasi Beragama 5 Mahasiswa, di UIN Bandung, yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli -25 Agustus 2024
  3. KKN Melayu Serumpun 10 Mahasiswa, di IAIN Langsa Aceh, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Juli-26 Agustus 2024
  4. KKN Siger Berjaya 24 Mahasiswa, di Lampung, kerjasama UIN RIL, ITERA dan UNILA, yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Juni- 25 Juli 2024
  5. KKN Kolaborasi dengan UIN Bandung 9 Mahasiswa. Mahasiswa, di Bandung, Juli 2024 yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Juli -25 Agustus 2024
  6. KKN Kolaborasi dengan UIN Yogyakarta 14 Mahasiswa, di Jogja, yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Juli-22 Agustus 2024
  7. KKN Internasional 18 Mahasiswa, di Malaysia, Thailand, Jepang dan Korea, kerjasama UIN RIL dengan UIN Bandung, yang akan dilaksanakan antara bulan Juli Agustus 2024.

Humas UIN-RIL

Komentar