20 Besar Finalis Duta Raden Intan Siap Berlaga di Grand Final

Kabar Kampus535 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) siap menggelar Grand Final Pemilihan Duta Raden Intan 2024. Dua puluh finalis terbaik telah terpilih dari 128 pendaftar yang mengikuti seleksi ketat, termasuk tes tertulis dan wawancara.

Pemilihan Duta Raden Intan bukan hanya tentang mencari sosok berparas menawan, tetapi juga individu yang mampu menggemakan nilai-nilai luhur “Ber-ISI” (Ber-Intellectuality, Spirituality, and Integrity) yang menjadi motto UIN Raden Intan.

“Menjadi Duta Raden Intan bukan hanya tentang membawa nama baik diri sendiri, tetapi juga tentang membawa nama baik UIN Raden Intan Lampung,” ujar Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan, Prof Dr H Idrus Ruslan MAg dalam arahannya kepada 20 besar finalis, Senin (10/06/2024) saat pertemuan di Ruang Rapat. “Kalian adalah representasi dari institusi ini, dan setiap tindakan kalian akan mencerminkan marwah UIN Raden Intan Lampung,”

Lebih dari itu, Prof Idrus juga mengingatkan para finalis tentang tanggung jawab besar yang akan mereka pikul sebagai figur publik.

“Menjadi figur publik memang membanggakan, tetapi juga membawa tanggung jawab yang sangat besar,” pesannya. “Kalian harus selalu menjaga sikap dan perilaku kalian karena kalian akan menjadi teladan bagi banyak orang.”

Prof Idrus menekankan pentingnya memiliki bekal yang tidak hanya kognitif, tetapi juga aplikatif.

“Seorang Duta Raden Intan haruslah memiliki kecerdasan dan pengetahuan yang luas,” jelasnya. “Namun, kecerdasan dan pengetahuan tersebut tidak hanya harus berhenti di teori, tetapi juga harus dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.”

Ia juga mengingatkan para finalis untuk tidak hanya menonjolkan kecantikan fisik, tetapi juga kecantikan batin. “Not only physical beauty, tapi juga inner beauty yang harus dimiliki,” ucap Prof Idrus.

Para finalis telah dibekali pada masa karantina (8-10 Juni) dengan berbagai pelatihan dan pembekalan untuk menunjang performa mereka. Narasumber yang dihadirkan diantaranya, Al-Hakim Bani Ismail (Bahasa Bilingual), Ridho Muhammad Akbar (Bilingual Language), Putri Indonesia Lampung Best Dress 2023: Ade Annisa (Personal Branding dan Manner Class), Cahya Kamila Maharani Ansori (Wawasan UIN Raden Intan), Elma Wati (Catwalk Class), dan Putri Dika Walia (Mengaji) telah berbagi ilmu dan pengalaman mereka kepada para finalis. Para finalis juga menunjukkan bakat mereka pada sesi talent show.

Malam Grand Final Pemilihan Duta Raden Intan 2024 akan digelar pada Rabu, 12 Juni 2024 dan menjadi ajang bagi para finalis untuk menunjukkan bakat, kecerdasan, dan kepribadian mereka.

Koordinator Humas UIN RIL, Anis Handayani SAg MSos, menyampaikan, ajang pemilihan tersebut lebih dari memperebutkan sekadar mahkota, namun Duta Raden Intan diharapkan dapat menjadi teladan bagi mahasiswa UIN Raden Intan dan masyarakat luas, membawa nama baik universitas, dan berkontribusi positif bagi bangsa dan negara.

Humas UIN-RIL

Komentar