Prodi S2 Ekonomi Syariah Bahas Penguatan Ekonomi Keuangan Syariah dan UMKM di Indonesia

Kabar Kampus563 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Program Studi (Prodi) S2 Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menggelar Seminar Nasional di Ruang Teater Lt.2, Kamis (13/06/2024).

Seminar tersebut mengusung tema Peta Jalan Penguatan Ekonomi Keuangan Syariah dan UMKM di Indonesia. Dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya diantaranya,

Parjiono PhD selaku Staf Ahli Bidang Ekonomi Mikro dan Keuangan Internasional Kemenkeu RI, Ikhsanudin SPd MM selaku Pelaku UMKM, dan Dr Hj Heni Noviarita MSi selaku Wakil Direktur Pascasarjana UIN RIL.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor II UIN RIL Dr Safari Daud MSosI. Dalam sambutannya ia menyampaikan komitmen UIN RIL dalam aplikasi dan implementasi Ekonomi Syariah. Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah kerjasama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI), selain bekerja sama dengan bank lain.

Dr Safari juga menyebutkan UIN RIL memiliki mikro laboratorium dan Kantin Kontainer pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) sebagai afirmasi pelaksanaan terhadap keberlanjutan ekonomi syariah. Lebih lanjut, Dr. Safari Daud juga menekankan pentingnya sertifikat halal dalam pengembangan ekonomi syariah.

“Melalui seminar ini kami mengharapkan dapat menggali potensi pengembangan master plan ekonomi syariah nasional yang lebih adaptableterhadap dinamika nasional maupun global,” harapnya.

Selain itu, diharapkan dapat menjadi wadah bagi para akademisi dan praktisi untuk bertukar informasi, melakukan diseminasi, dan memperkaya wawasan dalam bidang ekonomi syariah.

Keterlibatan akademisi dan praktisi dalam kegiatan seminar ini, diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk melakukan publikasi pada jurnal nasional maupun jurnal bereputasi internasional.

Adapun beberapa poin penting yang dibahas dalam seminar ini adalah Pengembangan Industri Halal Berbasis Digital oleh Parjiono PhD, Penguatan Lembaga Keuangan Syariah Terhadap UMKM pada Era 5.0 oleh Dr Heni Noviarita, serta Strategi Bangun Bisnis Berkah Tanpa Riba oleh Ikhsanudin.

Seminar Nasional ini diikuti oleh peserta dari berbagai kalangan, termasuk akademisi, praktisi, mahasiswa. Hadir jajaran Direktur Kanwil Kementerian Keuangan Provinsi Lampung.

Humas UIN-RIL

Komentar