oleh

Penutupan TWA Kawah Ijen Tunggu Edaran BBKSDA

Foto: Kawah Ijen (Chuk S. Widarsha/detikTravel)

Jakarta : Menyusul beredarnya surat edaran rencana penutupan Kawah Ijen, Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam (BBKSDA) Jawa Timur langsung menerbitkan surat edaran susulan. Kawah Ijen tetap buka.

Dalam surat edaran bernomor SE.549/K2/BIDTEK.1/KSA/8/2018/tentang klarifikasi itu, disebutkan jika kunjungan ke Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen masih tetap buka sampai ada pemberitahuan resmi dari Balai Besar KSDA Jawa Timur.

Surat edaran tertanggal 28 Agustus 2018 itu ditandatangani oleh Yarman, S.Hut sebagai Plh Kepala Balai Besar KSDA Jawa Timur. Dengan tembusan Bupati Bondowoso dan Banyuwangi, dan sejumlah instansi lainnya.

“Dua surat edaran itu memang benar dari BBKSDA. Surat edaran klarifikasi itu menyatakan TWA Ijen masih tetap dibuka, sampai ada pemberitahuan lebih lanjut,” kata Setyo Utomo, Kepala Bidang KSDA Wilayah 3 Jember, saat dihubungi via telpon, Selasa (28/8/2018) seperti dikutip dari laman detik.com.

Diberitakan sebelumnya, Kawah Ijen akan ditutup sementara dari kunjungan wisatawan. Penutupan rencananya akan dilakukan selama satu bulan, namun tentatif.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarkan Balai Besar KSDA Jawa Timur dengan bernomor S.5/8/K.2/BIDTEK.1/KSA/8/2018 penutupan itu dilakukan untuk mencegah potensi kebakaran hutan di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

“Pembatasan kunjungan ini juga merupakan salah satu upaya pencegahan. Karena bulan Agustus hingga September TWA Kawah Ijen memang rawan bahaya kebakaran,” kata Setyo Utomo, pada kesempatan sebelumnya.

Komentar

Tinggalkan Balasan