DPD RI Andi Surya dan WFS Terima Aduan Ratusan Warga Lamsel

Kabar Daerah213 Dilihat

Lampung : Kantor Perwakilan DPD RI Lampung didatangi 200-an masyarakat dari enam desa di Kecamatan Tanjung Bintang, Ratusan warga yang menamakan diri Forum Masyarakat Bersatu itu dipimpin oleh kades Budi Lestari, Dasman beserta 5 orang kades lainnya.

Perwakilan warga yang ingin mengadukan nasib ini diterima langsung oleh anggota DPD RI Perwakilan Lampung, Andi Surya, setelah diterima para warga dan perwakilan ini menyampaikan beberapa aduan.

Kepala Desa, Dasman mengatakan, terkait sebagian register 40 yang telah puluhan tahun berisi pemerintahan desa, masyarakat dan infrastruktur lain, pihaknya meminta agar dapat diubah status dari Hutan Produksi menjadi lahan masyarakat dan pemerintahan desa.

“Kami sudah cukup lelah meminta bantuan sana sini untuk memperjuangkan nasib lahan kami ini, kami berharap DPD RI bisa membantu memediasi masalah register ini,”Katanya, Senin (01/10/2018).

Sementara itu dalam pernyataannya ketika menyambut masyarakat enam desa dari Tanjung Bintang ini, Andi Surya menyatakan bahwa DPD RI melalui Badan Akuntabilitas Publik sebagai alat kelengkapan parlemen menerima dengan terbuka.

“Kami akan berjuang semaksimal mungkin agar masyarakat enam desa Jati Agung dihargai hak-hak mereka sebagai warga negara sesuai UUD 45 pasal 33, disebutkan, tanah air dan yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan digunakan sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Saya akan menyambungkan aspirasi rakyat ini dengan pemerintah pusat agar warga mendapat kejelasan tentang alas dan status hak lahannya,”Tegasnya.

Dalam pertemuan itu tanpak pula dihadiri oleh Pengacara Rakyat, Wahrul Fauzi Silalahi, sehingga para pihak menyatakan diri siap memperjuangkan nasib rakyat melalui langkah-langkah konkrit.

“Saya berharap rekan-rekan mampu dan solid untuk memperjuangkan ini. Saya bersama Pak Andi Surya akan melakukan upaya advokasi agar hak-hak rakyat bisa diberikan.Syaratnya adalah kompak dan solid, jangan terpecah oleh karena ada kepentingan lain,”Tutup Wahrul Fauzi Silalahi yang juga merupakan Calon legislatif DPRD Lampung ini.

Usai Acara, kegiatan ditutup dengan penyerahan berkas dari forum masyarakat bersatu Tanjung Bintang kepada Andi Surya dan Wahrul Fauzi agar berkas permintaan pelepasan register 40 ini dapat disampaikan kepada pemerintah pusat.

Penulis : Yus Sutan Rais

Komentar