Perwakilan Group Qasidah Dari 15 Kecamatan Meriahkan Kompetisi

Tulang Bawang243 Dilihat
Perwakilan Group Qasidah Dari 15 Kecamatan Meriahkan Kompetisi

Tulang Bawang : Lomba Lagu Qasidah yang digelar oleh Pemkab Tulang Bawang, adalah salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati HUT Ke-22 Kab. Tulang Bawang yang digelar di Masjid Agung Baiturrahman (Islamic Center), Senin (11/03/2019).

Lomba yang diikuti oleh 15 Kecamatan ini, dibuka langsung oleh Bupati Tulangbawang Hj. Winarti, S.E, M.H. Salah satunya perwakilan dari group Qasidah yang berasal dari Bumi Dipasena Jaya, group bernama Tsamratos Sholihah ini sudah kesekian kalinya mengikuti ajang lomba qasidah tersebut bahkan sampai ditingkat Provinsi.

Prestasi kontingen group Qasidah dari Rawajitu Timur tersebut, cukup memuaskan, dari 3 penampilan terakhir, mereka mampu mempertahankan juara 1. Pada penampilan kali ini, group qasidah dari Rawajitu Timur tersebut, kembali memperoleh juara.

Saat menyampaikan sambutannya, Bupati mengatakan,kegiatan ini bertujuan sebagai pembinaan dan pengembangan nilai-nilai keagamaan masyarakat Tulangbawang.

“Kita perlu memasyarakatkan nilai dan syiar agama islam dalam upaya meningkatkan pemahaman, penghayatan ajaran islam serta mensyiarkan dahwah islam melalui seni musik islami guna membangun masyarakat cerdas, mandiri, kreatif dan berakhlakul karimah,” jelasnya.

Kegiatan ini juga diadakan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan nilai-nilai agama melalui musik religius yang dituangkan dalam musik Qosidah, dimaksudkan pula untuk menangkal pangaruh budaya asing dan musik asing yang sudah mulai membudaya di Indonesia, musik Qosidah ini diharapkan bisa menangkal dominasi musik asing,” harapan Bupati.

“Apalagi, kesenian bernafaskan Islam, sangat dominan untuk menangkal budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa, maupun nilai keagamaan yang dapat berdampak negatif merusak moralitas generasi muda,” imbuhnya.

Bahkan diawal lomba, Bupati Tulangbawang sempat memberi tantangan kepada group Tsamrotus Sholihah untuk menyanyikan lagu yang dimintanya. Kemudian, Bupati pun memberikan saweran berupa uang sebagai apresiasinya kepada group tersebut.

Rls/Putra

Komentar