Dekranasda Kota Bandar Lampung Kunjungi Kampung Batik di Semarang

Kotaku142 Dilihat
Dekranasda Kota Bandar Lampung Kunjungi Kampung Batik di Semarang

Bandar Lampung : Ketua Dekranasda Kota Bandarlampung Eva Dwiana kunjungi kampung batik, yang berada di Kecamatan Semarang Timur, Kelurahan Rejomulyo, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Rabu (3/7).

Didampingi oleh anggota Dekranasda dan Kepala Dinas Perindustrian Kota, Eva Dwiana berkeliling dilingkungan kampung batik, untuk melihat berbagai hasil tangan kreatif warga setempat beruapa sulaman kain batik.

Tak lupa juga, dirinya mencoba hal baru yaitu membuat batik tulis dengan menggunakan alat tradisional dari salah seorang pebatik yang ada di kampung tersebut.

Eva Dwiana terlihat sangat teliti memberikan warna pada sketsa pola batik yang telah disediakan. “Dulu pernah nyoba ngebatik begini juga waktu di Jogja. Harus teliti kalau batik tulis ini,” ungkapnya sembari tangannya tetap membatik.

Selesai dengan mencoba membatik, Eva Dwiana saat di wawancarai mengatakan, kunjungan seperti memiliki banyak manfaat, selain mengetahui kultur dan tradisi daerah lain. Dengan harapan bahwa hal serupa di Semarang dapat diterapkan di Kota Bandar Lampung.

“Disini kami banyak belajar dan bagaimana pembuatan batik ternyata cukup rumit. Dan mudah-mudahan kita banyak belajar, apa yang kita ketahui di kota Semarang ini akan diterapkan kepada pengarajin tapis di Kota Bandarlampung, bukan untuk mengutip, namun lebih mengangkat batik dan tapis Lampung,” jelasnya.

Dirinya juga menerangkan, untuk sentra tapis dan sulam usus telah ada dan kebanyakan pengarajinnya adalah kaum ibu. Maka dirinya menginkan agar bagaimana kaum ibu-ibu di Kota Bandar Lampung dapat memiliki prestasi meskipun hanya dirumah.

“Pengrajin tapis dan sulam usus kebanyakan adalah ibu-ibu, dimana meraka tidak bisa meninggalkan rumah. Namun bagaimana agar nantinya mereka dapat tetap menghasilkan untuk keluarga,” tutupnya.

Red

Komentar