Ini Kata Herman HN Soal Ekonomi Saat di Rakernas Apeksi ke- XIV

Kotaku137 Dilihat
Soal Ekonomi Ini Kata Herman HN Rakernas di Apeksi ke- XIV

Bandar Lampung : Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyatakan 4 hal penting yang harus dilakukan oleh seluruh pemerintah kota yang menjadi kunci pemerintahan tetap berkembang dan tak tertinggal.

Mantan Sekjen DPP PDIP ini mengatakan 4 hal penting itu di antaranya, pertama mengenai tingkat urbanisasi yang terjadi di kota-kota besar, kedua kurangnya lapangan pekerjaan, penyediaan perumahan.

“Dan terakhir yaitu soal transportasi massal,” kata dia, saat menerima Audiensi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke- XIV, yang dilaksanakan di lantai 7 Hotel PO Kota Semarang, Rabu 3 Juli 2019 yang dihadiri oleh seluruh Wali Kota se-Indonesia.

Sehingga kata dia, dalam hal ini wali kota sangat berperan dan berpengaruh agar kota dapat berkembang sehingga tidak tertinggal oleh Kota lainnya.

“Sebab hal ini juga ikut berdampak pada tingkat kesejahteraan dan perekonomian masyarakat yang dipimpinnya,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Bandar Lampung Herman HN mengatakan, Bandar Lampung telah jauh lebih siap dalam mengantisipasi hal tersebut. Itu dibuktikan olehnya dengan telah dipermudahnya investasi di Kota Tapis Berseri.

Dengan dipermudah investor, maka akan membesar peluang pekerjaan bagi masyarakat. Dimana telah diatur oleh perwali 90 persen pegawai perusahaan harus mengutamakan warga lokal.

“Kita sudah lama mulai, seperti bagaimana mengatasi pengangguran di kota. Saya berusaha pengusaha bisa investasi mudah di Bandar Lampung. Pembangunan fisik yang saat ini sedang digerakkan itu upaya untuk menarik investor, yang secara tidak langsung dapat mengurangi angka pengangguran,” jelas Herman.

Lain daripada itu, dalam hal menangani banyaknya perpindahan masyarakat dari daerah ke Kota, Herman HN menyarankan agar tidak seluruhnya datang ke Kota. Sebab masih banyak potensi investasi yang dapat digerakkan didaerah, mulai dari UKM, koperasi atau bertani.

“Di daerah itu sebenarnya banyak peluang yang dapat digali, terlebih jika petani. Tingkatkan produktifitas pertanian, maka dapat mendongkrak perekonomian daerah,” pungkasnya.

Red

Komentar