Ada Dalang dan Konspirasi Jaringan Internasional Dibalik Kerusuhan Papua ?

Nasional207 Dilihat
Aksi Massa di Istana (Foto : Net/Ist)

Jakarta : Wakil Ketua Komisi I DPR, Satya Widya Yudha meminta Kapolri Jenderal Tito Karnavian segera mengungkap kelompok jaringan internasional dalam serangkaian peristiwa kerusuhan di Papua. Polri diminta untuk investigasi jaringan internasional itu.

“Kami minta segera dibuka jaringan internasional apakah berkaitan gerakan Benny Wenda yang selama ini, yang selama ini jelas ingin pisah dari Indonesia atau jaringan lain yang kita dapat kejelasan jangan sampai mereka menyuplai senjata, kami minta negara melakukan investigasi itu,” kata Satya kepada wartawan, Minggu (01/09/2019).

Selain itu, Satya meminta pemerintah tegas dalam menangani kelompok jaringan internasional tersebut agar bisa dicegah masuk ke Indonesia. Misalnya kelompok jaringan internasional itu masuk ke Indonesia dengan menyamar sebagai sebuah organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

“Perlu ada ketegasan dari pemerintah untuk supaya bila kelompok itu sudah terindentifikasi kita mencegah mereka masuk ke Indonesia. Misalnya mereka menyamar sebagai wartawan atau kelompok NGO atau LSM,” kata dia.

Lebih lanjut, politisi Golkar itu mengatakan jika kelompok jaringan internasional itu bisa diungkap akan bisa diketahui ada tidaknya kaitan dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM). Oleh sebab itu, Polri harus segera mengungkap ke publik mengenai jaringan internasional itu.

“Maka segera diungkap secara terbuka apakah kelompok internasional berkaitan dengan apa? Apakah teroris, atau kelompok yang ingin Papua pisah dari Indonesia, seperti zaman Timor-timor. Makanya harus jelas, tolong kita minta Kapolri segera untuk mengklarifikasi itu secara publik,” jelas Satya.

Dtk/Red

Komentar