Peranan Pendidikan Pancasila Di Era 4.0

Nasional132 Dilihat
Moch Nur Cholis Majid

Resensi Buku Pancasila Hayat dan H.suratman

Penulis : Moch Nur Cholis Majid

Era 4.0 atau era sekarang ini bermacam-macam perkembangan tekhnologi dan juga dimana terdapat banyak media sosial yang di jadikan prasarana dalam keseharian baik itu di buat usaha ataupun belajar, tapi di zaman sekarang banyak orang yang tidak peduli atau memerhatikan tentang nilai-nilai Pancasila dan moral-moral yang terkandung didalamnya.

Pendidikan Pancasila adalah nilai-nilai yang bertujuan untuk membentuk perilaku positif sikap manusia atau mahasiswa sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila, pendidikan Pancasila juga sangat penting untuk membentuk generasi bangsa yang cerdas dan berkarakter.

Pancasila juga sebagai idiologi negara didalam nilai-nilai agama dari bangsa Indonesia yang sudah mengkristalisasi, dan adapun juga lima manfa’at fungsi umum dan lima manfa’at spesifik seperti: sebagai panduan hidup, sumber hukum, sumber norma, perjanjian luhur, dan falsafah hidup bangsa indonesia, sedangkan fungsi spesifik dapat dilihat atau dipahami fungsi pancasila sebagai dasar negara republik Indonesia.

Pada buku pendidikan Pancasila ini yang di sunting oleh Hayat H. Suratman akan membahas tentang nilai-nilai Pancasila sebagai landasan dasar negara Indonesia dengan bahasa yang gampang di faham, buku ini akan membahas secara detail tentang nilai-nilai norma Pancasila dan juga sejarah nya, oleh karena itu pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) mengalami kemajuan pesat sehingga manusia dan peradabannya mengalami perkembangan yang luar biasa.

Perkembangan iptek tidak bisa lepas dengan situasi yang melingkupinya. Di dalam artian lain berkembang di suatu ruang lingkup budaya. Di dalam giliran pengembangan iptek yang bersentuhan dengan nilai-nilai budaya dan agama singgah di satu pihak dibutuhkan kesemangatan yang objektif, dan juga disisi lain iptek perlu mempertimbangkan budaya dan agama di dalam pengembangannya supaya tidak merugikan umat manusia.

Dalam buku ini sangat bagus sekali untuk mempelajari Pancasila yang rumit difahami ketika kita belajar di sini diterangkan juga beberapa bab babnya yang terdiri dari 11 bab, adapun bab yang pertama yaitu menerangkan tentang Pancasila dalam lintasan sejarah, sedangkan bagi yang kedua yaitu menjelaskan tentang pengertian Pancasila dalam perkembangannya.

Bab ketiga menjelaskan Pancasila sebagai ideologi negara, dan masih banyak bab yang terpenting dari buku pendidikan Pancasila ini dan di buku ini juga kita akan mengetahui tentang seluk beluk Pancasila dari sebelum terbentuknya Pancasila sehingga Pancasila yang sekarang.

Buku ini juga sudah diterbitkan di media cetak ataupun media online jadi kita bisa mempelajarinya dengan mudah agar nilai-nilai dan moral moral yang terdapat di dalam idiologi Pancasila tidak menurun di kalangan mahasiswa, seperti contoh di dalam buku ini diterangkan terbentuknya Pancasila yang merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dari rumusan Pancasila 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Soekarno di dalam piagam Jakarta 22 Juni 1945.

Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita. Di dalam buku ini juga kita akan mengetahui tentang sistem pemerintahan dan juga Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada nilai pengembangan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di dalam Pancasila terdapat beberapa nilai-nilai penting seperti masalah nilai dalam ilmu pengetahuan dan teknologi dan juga pandangan Islam terhadap nilai pengembangan iptek dan masih banyak yang lain jadi Pancasila termasuk salah satu bagian terpenting dari bangsa Indonesia yang tidak boleh dipisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia karena di dalam Pancasila terdapat nilai-nilai penting tentang moral dan juga ideologi yang merupakan dasar dari negara Indonesia.

Penulis : Moch Nur Cholis Majid Merupakan Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Malang 

Komentar