238 WNI Dari Wuhan Akan di Observasi Atau Inkubasi Selama 14 Hari

Nasional269 Dilihat
Evakuasi WNI dari Wuhan, China, saat tiba di Batam. (Foto: dok Kemlu RI)

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Pemerintah memastikan 238 warga negara Indonesia (WNI) yang tiba dari Wuhan dalam keadaan sehat. WNI tersebut akan menjalani masa inkubasi di Natuna selama 14 hari.

“Yang pasti mereka itu orang sehat. Itu langsung kita cek. Pemerintah China sudah cek dan kita cek ulang, mereka orang sehat,” ujar Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan dr Achmad Yurianto kepada detikcom, Minggu (2/2/2020).

Dia mengatakan, meski dikatakan sehat, observasi atau inkubasi tetap harus dilakukan untuk memastikan selama 14 hari WNI tersebut tidak menunjukkan gejala-gejala sakit.

“Untuk memastikan dalam satu siklus inkubasi, yang kita kenal itu adalah 14 hari, mereka tidak menjadi sakit. Artinya tidak jadi sakit betul-betul clear, dan mereka tersertifikasi tidak membawa penyakit,” tambahnya.

Pemerintah akan menentukan langkah selanjutnya bila masa inkubasi sudah selesai.

“Kalau yang sehat kita suruh pulang, yang sakit kita bawa ke rumah sakit,” ujarnya.

Seperti diketahui, ada 238 warga negara Indonesia (WNI) yang dievakuasi dari Wuhan, Provinsi Hubei, China, pasca-wabah virus Corona. Sementara itu, 5 personel dari KBRI Beijing turut mendampingi proses evakuasi.

“Jumlah final yang boarding dari Bandara Wuhan, 238 eks Provinsi Hubei dan 5 Tim Aju (advance, red) KBRI,” kata Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman lewat pesan singkat, Minggu (2/2).

Detik

Komentar