oleh

Bingung Atur Finansialmu? Ini Tips Cerdas Ala Rektor IIB Darmajaya Firmansyah

Rektor IIB Darmajaya Firmansyah

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Rektor Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya Ir. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc. mengajak milenial cerdas secara finansial.

Hal ini diungkapkannya dalam Seminar Umum Perencanaan Keuangan di Era Digital yang digelar Edukasi 4.0 bersama Finansialku.com dan IIB Darmajaya di Aula Lantai III Gedung Alfian Husin, Rabu, (26/2/20).

Dalam kesempatan tersebut, Firman yang biasa dia disapa bang Firman itu menerangkan latar belakang pendidikan apapun dan tidak harus akuntansi, saat ini harus mengetahui perencanaan keuangan yang baik.

“Jangan melihat besar kecilnya pendapatan kita tetapi yang didapatkan itu menjadi berkah. Bagaimana pendapatan yang sedikit itu dapat mengaturnya lebih terstruktur untuk kebermanfaatan,” ungkapnya.

Ia juga memberika tips agar milenial cerdas mengelola keuangan, adapun caranya ialah dengan menyeimbangkan antara penghasilan yang sedikit menjadi tercukupi dan berkah.

“Jadilah orang-orang yang cerdas. Cerdas secara intelektual, cerdas secara spiritual, cerdas secara emosional, yang endingnya nanti cerdas secara finansial,” tuturnya.

Firman juga mencontohkan dengan penghasilan besar bila tidak berkah maka akan sia-sia. Kemudian sebagai tips utama harus kembali pada prinsip pertama yakni menjaga keseimbangan keuangan dan paling penting adalah satu kata yaitu syukur berkah.

“Pendapatannya berapapun seperti Rp.200 juta tetapi tidak berkah maka tidak akan pernah puas dan tak akan pernah cukup. Bagaimana kita mensyukuri apa yang telah didapat dengan keberkahannya,” imbuhnya.

Sementara, Chief Marketing Officer Finansialku.com, Mario A Lasut mengatakan dengan menggunakan aplikasi Finansialku perencanaan keuangan yang sehat dan baik.

“Keinginan kita banyak? Semuanya tidak dapat terwujud karena itu perencanaan keuangan harus detail,” ungkapnya.

Menurutnya, dimulai dari memisahkan rekening bisnis dan rekening pribadi.

“Menyisihkan penghasilanmu untuk investasi seperti deposito, reksadana pasar uang, saham, dan banyak lainnya,” tuturnya.

Mario menerangkan kalau tidak dapat mengontrol keuangan maka akan berakibat buruk terhadap kehidupan.

“Saat ini kita dimudahkan dapat membeli saham sebuah perusahaan yang telah melantai di Bursa Efek Indonesia dengan Rp500 ribu. Untuk membuka rekening dana saham (RDN) hanya dengan Rp100 ribu sudah bisa tidak seperti dahulu. Jadi investasi sekarang sangat mudah bagi adik-adik semua,” bebernya.

Kemudahan dalam merencanakan keuangan juga dapat dilakukan dalam Finansialku.

“Tak hanya perencanaan keuangan tetapi dengan bimbingan untuk melakukan investasi juga dapat kalian peroleh dengan berlangganan finansialku,” tandasnya.

Red

Komentar

Tinggalkan Balasan