Walikota Blitar Hadiri Tasakuran Hari Koperasi Ke 73

Blitar, Nasional179 Dilihat
Walikota Blitar Hadiri Tasakuran Hari Koperasi Ke 73

Blitar, (Metropolis.co.id) – Meski diterpa pandemi, koperasi di kota Blitar dituntut mampu mengembangkan ide kreativitas dan inovasinya seperti yang diungkapkan Walikota Blitar, Santoso, tasyakuran Hari Koperasi ke 73 di Balaikota Koesoema Wicitra, Senin (13/07/2020).

“Koperasi harus mengerti bagaimana memacu semangat dan kepercayaan kepada seluruh insan perkoperasian agar bisa bangkit dari ketertidurannya,” kata Santoso seusai acara.

Menurut Santoso, selama masa pandemi Covid-19 ini, peran Koperasi untuk berkontribusi bagi masyarakat dalam hal pelayanan keuangan untuk modal sebuah usaha maupun kebutuhan kehidupan sehari-hari menjadi cukup terganggu.

Hal tersebut dikarenakan keberadaan fungsi koperasi ternyata ikut terdampak oleh sektor lain lantaran wabah Covid-19.

“Ada beberapa modal usaha yang memang sudah digulirkan. Tapi selama masa Covid ini karena hampir mayoritas UMKM dan pelaku koperasi adalah terdampak. Sehingga mengalami kendala dan perputaran modal tidak lancar,” ungkap Santoso.

Oleh karena itu, lanjut Santoso, diharapkan ada kreativitas baru dari perkoperasian kota Blitar, salah satu contohnya lebih mengembangkan pemasaran produk hasil binaan koperasi dengan memanfaatkan media sosial (medsos).

“Sehingga bisa menutup pengurangan pendapatan di musim pandemi Covid 19,” imbuhnya.

Santoso menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar, memahami bahwa mulai bulan Maret sampai sekarang ini, insan perkoperasian memang tidak bisa menjalankan aktivitasnya, dikarenakan modal terbatas dan daya beli masyarakat rendah.

“Untuk itu Pemkot berencana melakukan pemberian modal kepada insan perkoperasian dan pelaku-pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk menunjang kecepatan kebangkitan mereka melakukan aktivitasnya,” pungkas Santoso.

Hms/Adv

Komentar