oleh

Paripurna, DPRD Kabupaten Blitar Bahas Lima Agenda Sekaligus

Gelar Paripurna, DPRD Kabupaten Blitar Bahas Lima Agenda Sekaligus

Blitar, (Metropolis.co.id) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar kembali menggelar Rapat Paripurna dengan agenda penyampaian Badan Anggaran ( Banggar ) terhadap hasil Penyampaian Raperda tentang Pertanggung jawaban APBD Tahun 2919. Rapat kali ini dipimpin langsung Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto.

Selain agenda Persetujuan Pembahasan Hasil Ramperda Pertanggung jawaban APBD tahun 2019, rapat kali ini juga membahas penyampaian pendapat akhir Fraksi terhadap pelaksanaan APBD tahun 2019 hang disampaikan oleh Bupati Blitar atas Rancangan KUA-PPAS tahun Anggaran 2021 juga Penyampaian Bupati Blitar atas Rancangan KUPA PPAS tahun Anggaran 2020.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito mengatakan, Paripurna tersebut membahas Laporan Badan Anggaran dan Pengambilan Keputusan Untuk Ramperda Pertanggung jawaban APBD 2019. Selain itu Bupati Blitar, Drs H.Rijanto, juga menyampaikan Nota KUA PPAS 2021 dan KUPA PPAS Perubahan 2020.

Suwito menjelaskan, DPRD Kabupaten Blitar juga memberikan rekomendasi tentang serapan Anggaran 2020.
Serapannya di bebankan kepada bulan-bulan yang tersedia selama 12 bulan berjalan. Seperti silpa ini, berusaha di tekan karena serapan yang rendah, seperti dulu PU yang dulu dianggap rendah, ternyata akhirnya tinggi juga. “Jadi mana yang sudah bisa, seperti bulan Febuari, Maret dan bulan seterusnya,” jelas Suwito usai kegiatan.

Di lain pihak, Bupati Blitar, Drs H Rijanto MM, saat di temui seusai Rapat Paripurna, menjelaskan bahwa pada rapat tersebut dilaksanakan persetujuan LKPJ Bupati Blitar tahun 2019 serta sekaligus penyampaian rencana KUA PPAS dan KUPA PPAS.

“Setelah ini, kita akan di menindaklanjuti dalam rapat berikutnya antara TAPD dan  Banggar . Kita tunggu aja kelanjutannya, dari LKPJ tadi ada poin-poin yang menjadi catatan kami untuk pembenahan berikutnya.” jelas Bupati Blitar, Rijanto.

Terakhir Rijanto juga menyampaikan terimakasih terhadap catatan-catatan dari DPRD. Menurutnya, kalau tidak ada masukan-masukan dari Legislatif atau yang lain, tentu kinerja Pemkab Blitar tidak akan bisa lebih baik.

“Oleh karena itu, kita akan fokus pada pemulihan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat serta kesehatan masyarakat di tengah pandemic COVID 19 ini,” ungkap Bupati Blitar, Rijanto.

Eko/Adv 

Komentar

News Feed