oleh

Pemkot Serahkan Hewan Qurban Ke Masjid dan Mushola se-Kota Blitar

Pemkot Serahkan Hewan Qurban Ke Masjid dan Mushola se-Kota Blitar

Kota Blitar, (Metropolis.co.id) – Hari Raya Idul Adha, adalah moment yang dapat dijadikan moment bagaimana manusia bisa mengambil hikmah dari peristiwa qurban tersebut.

Seperti apa yang sudah dilakukan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail sebagai bentuk ketaatan atau ketawadu’an serta keikhlasan beliau terhadap perintah Allah SWT.

Pemerintah Kota Blitar pada Idul Adha kali ini menyerahkan hewan qurban berupa 1 ekor sapi dan 53 ekor kambing. Hewan – hewan qurban tersebut di distribusikan ke seluruh masjid dan musholla di wilayah Kota Blitar.

Walikota Blitar Drs. H. Santoso, M.Pd, usai melaksanakan sholat Idul Adha dan menyerahkan hewan qurban di Masjid Agung Kota Blitar, Jumat (31/07/2020), mengatakan, sebagai umat manusia, harus bisa memetik hikmah qurban tersebut.

“Salah satu diantaranya, bagaimana kepasrahan dan keikhlasan kita kepada Allah SWT. Meneladani apa yang sudah dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail,” kata Santoso.

Santoso menjelaskan, secara tidak langsung peristiwa qurban tersebut mengajarkan bagaimana meningkatkan rasa jiwa sosial manusia untuk saling bantu-membantu dan tolong menolong, yang diwujudkan dengan penyembelihan hewan qurban.

“Lebih tepatnya menambah rasa solidaritas kita kepada sesama umat, khususnya bagi fuqoro dan masakin yang belum pernah menikmati daging qurban,” jelas Santoso.

Menurut Santoso, inilah saatnya untuk memberikan suri tauladan yang baik. Jadi implementasi dari bentuk apresiasi terhadap ajaran yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. “Kegiatan ini akan lebih meningkatkan rasa kebersamaan kita, jiwa sosial kita semakin kita tingkatkan dalam kesempatan ini,” terangnya.

Santoso juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19 ini. Baik pada saat penyembelihan hewan qurban maupun pembagiannya. Sehingga peringatan Idul Adha kali ini tidak menambah klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

“Kalau kita membiasakan cuci tangan pakai sabun, selalu memakai masker dan menjaga jarak, Insya Allah bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” pungkas Santoso.

Hms/Adv

Komentar

News Feed