Bupati Tanggamus: Dengan YJI Masyarakat Sehat IPM Meningkat

Bupati Tanggamus: Dengan YJI Masyarakat Sehat IPM Meningkat

Gisting, (Metropolis.co.id) – Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kabupaten Tanggamus Periode 2020 – 2025 Resmi dikukuhkan Oleh Ketua YJI Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi’i. Bertempat di GSG Pekon Gisting bawah Kecamatan Gisting. Rabu (02/12/20).

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani berharap yayasan jantung Indonesia nanti betul-betul dapat berkiprah dan berkontribusi secara nyata untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Tanggamus , tidak hanya sekedar acara seremonialnya saja.

“Pengurus yang dikukuhkan dinanti kiprah dan kontribusinya dalam rangka meningkatkan usia harapan hidup masyarakat Tanggamus,” jelasnya.

Menurut Dewi, dengan programnya nanti yakni sosialisasi edukasi utama dengan memasyarakat akan panca usaha dapat meningkatkan IPM.

“Saya harap masyarakat Tanggamus akan lebih sehat lagi dan usia lebih panjang lagi sehingga nanti akan meningkatkan IPM kesehatan masyarakat Tanggamus,” Kata Bupati.

Lanjut Bupati, dari pemerintah Kabupaten Tanggamus siap untuk mensuport mendukung dan bermitra karena kita tidak bisa berjalan sendiri tetapi harus ada sinergitas program.

“Ayo kita bersama-sama meningkatkan kualitas kesehatan kita semua karena dengan kesehatan yang baik maka produktivitas akan tinggi, kami siap memfasilitasi dan mendorong bagaimanapun kesadaran kesehatan masyarakat itu yang sangat menentukan,” imbaunya.

Bupati juga berpesan, agar terhindar dari penyakit JANTUNG, maka kita perlu “SEHAT”. S maksudnya Seimbangkan gizi,  E : Enyahkan rokok, H: Hadapi stress, A : Awasi tekanan darah, T : Teratur olahraga. Apabila kita terus Sehat, maka Usia Harapan Hidup (UHH) masyarakat Tanggamus pun akan semakin meningkat.

“Apabila saat ini UHH Tanggamus berkisar 68 Tahun, maka diharapkan ditahun-tahun mendatang dapat meningkat dan menyamai UHH Nasional yang telah mencapai lebih dari 71 Tahun ,dengan UHH meningkat maka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Tanggamus pun akan semakin meningkat, karena angka Harapan Hidup adalah salah satu Komponen dalam perhitungan IPM, Ujarnya”.

Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Tanggamus Sri Nilawati Syafi’i, menyampaikan Adapun tujuan yayasan jantung Indonesia adalah meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah.

“Kami berkomitmen kedepan akan tanggap mengantisipasi penyakit jantung dan bisa menyusun langkah yang strategis serta tepat untuk melakukan pencegahan seperti penyuluhan kepada generasi muda khususnya perempuan dan kepada ibu-ibu atau kaum perempuan,” ujarnya semangat.

Diketahui, adapun Kepengurusannya adalah berdasarkan surat keputusan pengurus pusat Yayasan jantung Indonesia (YJI) cabang utama Lampung Nomor : 040/YJI-CU-LPG/SK/VII/2020 TENTANG pengesahan susunan pengurus dan pembentukan Yayasan jantung Indonesia (YJI) cabang Tanggamus masa bakti 2020 – 2025.

Memutuskan penasehat utama

– Bupati Tanggamus, Wakil Bupati Tanggamus , Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Kesehatan Tanggamus,

– Badan pengurus NU. Sri Nilawati Syafi’i,

– Pelaksana kegiatan bidang pengembangan dana : Siti Rahma,  S.I. Kom

– Bidang komunikasi : Darius putrawan

– Bidang preventif : Wahyu Widayati

– Bidang medis : Dr. Benson printing Ginting.

Red

Komentar