Pergub Kebiasaan Baru Dorong Percepatan Ekonomi di Lampung

Nasional, Saburai100 Dilihat
Percepatan Ekonomi, Gubernur Paparkan Kondisi Lampung Pada Presiden

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memaparkan upaya pengendalian dampak Covid-19 dan pemulihan ekonomi daerah pada Presiden Jokowi saat acara Pertemuan virtual Tahunan Bank Indonesia 2020.

Salah satunya telah diterbitkan beberapa Surat Edaran Gubernur dan Peraturan Gubernur Nomor 45 tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju masyarakat Produktif dan aman Covid-19 di Provinsi Lampung.

Peraturan Gubernur telah disosialisasikan secara luas kepada para pelaku usaha sektor pariwisata, industri, perdagangan, koperasi/UMKM, pengelola fasilitas pendidikan, kesehatan, pasar modern dan lainnya.

“Pada masa Pandemi ini Pemprov Lampung juga terus melaksanakan Program-Program utama pembangunan yang diharapkan bedampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya Program Kartu Petani Berjaya (KPB),” ujar Gubernur Arinal.

Arinal mengatakan KPB merupakan program unggulan di bidang pertanian untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani melalui penyelesaian permasalaham terstruktur, sistematis dan terintegrasi dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi.

“Petani akan lebih efisien dalam menjalankan usaha taninya dan akan difasilitasi mendapatkan akses pembiayaan dari perbankan,” jelas Arinal.

Untuk mendorong peningkatan investasi di daerah, Pemprov Lampung juga terus mempersiapkan infrastruktur pendukung, seperti jalur penerbangan perintis dari Way Kanan ke Palembang yang baru beberapa hari lalu diresmikan.

“Selain itu rencana pengembangan Kawasan Terintegrasi Pariwisata di Bakauhenj yang bekerjasama dengan 3 BUMN dan pengembangan Kawasan Industri untuk meningkatkan manfaat ekonomi investasi atau capital gain dari jalan Tol Trans Sumatera. Sehinggan Provinsi Lampunh lebih berpeluang untuk tunbuh dan berkpntribusi pada pembangunan ekonomi nasional,” tutur Arinal.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Lampung Budiharto Setyawan mengatakan sebagai bentuk kontribusi nyata terhadap
perekonomian, Bank Indonesia memberikan analisis dan rekomendasi kebijakan terkait perekonomian yang dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah dan para stakeholder dalam pembuatan kebijakan maupun keputusan bisnis.

Publikasi ini dapat dimanfaatkan antara lain Laporan Nusantara, Laporan Perekonomian Provinsi (LPP), Statistik Ekonomi dan Keuangan Daerah (Sekda), riset mengenai strategi pengembangan ekonomi daerah, serta publikasi laporan terkait dengan perkembangan inflasi.

“Menutup tahun 2020 ini, mari kita bangun optimisme perbaikan ekonomi di 2021 dengan sinergi yang lebih erat lagi. Kami, Bank Indonesia, senantiasa terbuka untuk bekerjasama dengan seluruh pihak agar dapat berkontribusi membangun ekonomi Lampung yang lebih baik,” ujar Budiharto

Adpim

Komentar