Tari, Pengerajin Gerabah Kramanan Dapatkan Support Satgas TMMD 110 Bojonegoro

TMMD 2021217 Dilihat
Tari, Pengerajin Gerabah Kramanan Dapatkan Support Satgas TMMD 110 Bojonegoro

BOJONEGORO, (Metropolis) – Koptu Harkamto, Salah Satu personil TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke- 110 tahun 2021 yang berlangsung di Desa Jatimulyo, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menyempatkan diri untuk mengunjungi kerajinan Gerabah milik warga yang sudah berpuluh tahun di kerjakan oleh pemiliknya.

Kerajinan berupa perabotan Rumah Tangga ini, masih bertahan di Desa Jatimulyo hingga saat ini meskipun peradaban modern menggeser produksi gerabah yang terbuat dari tanah liat.

Tari (65) warga RT 12 RW 6 Dukuh Kramanan, Desa Jatimulyo ini masih yakin jika gerabah buatannya untuk peralatan dapur dan lainnya masih dibutuhkan masyarakat.

“Meskipun sudah banyak peralatan moderen, Bu Tari ini masih optimis bahwa Gerabah hasil karyanya masih laku di masyarakat,” Ujar Koptu Harkamto, Rabu (24/2/2021).

Koptu Harkamto juga melakukan komunikasi dan melihat dari dekat proses pembuatan Gerabah berupa gentong air dari tanah liat tersebut, mulai pengelolaan tanah liat hingga proses pembakaran.

“Proses pembuatan dan juga pembakaran hingga usai memakan waktu cukup lama yaitu 7 hari,” Kata Harkamto.

Tari sangat senang ketika mendapat kedatangan anggota Satgas TMMD ini dan mendapatkan suport dan dukungan bahwa masyarakat masih banyak yang membutuhkan gentong tradisional, karena masih ada nuansa dan rasa sendiri air yang berasal dari Gentong tradisional dan Modern. (Pendim 0813)

Komentar