Dinsos Lampung Targetkan Vaksinasi 1.353 ODGJ

Institusi105 Dilihat
Dinsos Lampung Targetkan Vaksinasi 1.353 ODGJ

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Provinsi Bandar Lampung siap melaksanakan vaksinasi Covid-19 terhadap 1.353 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Pelaksanaan ini dilakukan oleh Dinas Sosial (Dinsos) yang telah mendata untuk selanjutnya vaksinasi dilakukan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) pada tingkat kabupaten/kota. Kadinsos Lampung, Aswarodi, mengatakan, pemberian vaksin kepada ODGJ dilakukan secara door to door untuk penderita yang di luar panti. Sementara yang berada dalam panti wajib untuk divaksinasi.

“Kalau yang di luar panti kita harus izin kepada keluarganya. Kalau keluarganya tidak mengizinkan ya tidak divaksin,” kata Aswarodi, Kamis (3/6/2021).

Berdasarkan data sementara dari Dinsos Lampung, calon penerima vaksin dari Kemensos untuk ODGJ mencapai 1.353 jiwa. Rinciannya yaitu, 274 ODGJ yang berada di lembaga kesejahteraan sosial dan 1.079 ODGJ yang tinggal bersama keluarga.

“Pelaksanaan vaksinnya oleh dinkes kabupaten/kota. ODGJ itu langsung ke lokasinya, untuk di dalam panti wajib kita vaksin, kalau di luar panti kita izin dulu ke keluarga, sedangkan yang liar tidak kita vaksin,” tutur dia.

Inews/Red

Komentar