Jaga Kelestarian Lingkungan, Kodim dan Perhutani Bojonegoro Bersinergi Lakukan Penghijauan

Nasional, TMMD 2021246 Dilihat

Bojonegoro, (Metropolis.co.id) – Sebagai upaya membantu pemerintah daerah, dalam rangka mewujudkan kelestarian fungsi lingkungan hidup serta meminimalisir dampak pemanasan global, Kodim 0813 Bojonegoro, Jawa Timur, bersinergi dengan Perum Perhutani KPH Bojonegoro melaksanakan penanaman 2.000 batang pohon penghijauan di Desa Sumberejo Kidul, Kecamatan Sukosewu, Rabu (17/11/2021).

Kegiatan dengan tema ‘Bersinergi Menjaga dan Melestarikan Lingkungan’ tersebut diikuti anggota Kodim, Koramil 21/Sukosewu, Perhutani, Polsek Sukosewu, Kecamatan Sukosewu, Pemdes Sumberejo Kidul dan masyarakat. Adapun jenis pohon penghijauan yang ditanam adalah tanaman menahun yaitu 1000 batang pohon trembesi, 500 batang pohon kesambi dan 500 batang pohon mahoni.

Kasdim 0813 Bojonegoro, Mayor Inf I Putu Gede Widarta, dilokasi kegiatan mengungkapkan bahwa penanaman pohon tersebut merupakan kegiatan program dalam rangka pembinaan lingkungan hidup. Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini yaitu terwujudnya keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara manusia dan lingkungan hidup.

“Penanaman pohon ini juga untuk tercapainya kelestarian fungsi lingkungan hidup, terjaganya sumber daya alam, terkendalinya pemanfaatan sumber daya secara bijaksana serta terkendalinya polusi atau pencemaran udara,” ungkapnya.

Dengan adanya penanaman pohon penghijauan ini dapat mengurangi dampak dari pemanasan global dan kekeringan. Sementara di saat musim penghujan, pohon-pohon yang ditanam ini bisa meminilisir resiko bencana seperti tanah longsor dan banjir khususnya diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

Kepada masyarakat, pihaknya juga mengajak dalam rangka mendukung dan mensukseskan program pemerintah daerah dalam gerakan menjaga serta melestarikan lingkungan hidup ini, untuk bersama menggalakkan penghijauan dilingkungan sekitar.

“Mari bersama-sama peduli terhadap lingkungan, menjaga dan melestarikannya demi masa depan generasi penerus bangsa agar hasil yang positif dari tanam pohon yang dilakukan saat ini dapat dinikmati anak cucu kita,” pungkas Mayor Inf I Putu Gede Widarta.

PendimĀ 0813 Bojonegoro

Komentar