oleh

Pilkades Antar Waktu Pemerintah Desa Jugo Hasilkan Kepala Desa Baru

Blitar, (Metropolis.ci.id) – Pemerintah Desa Jugo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar melaksanakan pemilihan kepala desa (Pilkades) antar waktu, Senin, (22/11/2021). Pelaksanaan pilkades ini karena kepala desa yang sebelumnya menjabat telah meninggal dunia.

Kepala Desa Jugo sebelumnya, Hari Prastyono, telah meninggal dunia, sehingga perlu adanya pemilihan lagi untuk menggantikan masa jabatan sampai 2024. Hal ini sudah sesuai dengan peraturan Pemerintah Kabupaten Blitar untuk melaksanakan pilkades.

Dalam pelaksanaan Pilkades ini, ada tiga orang yang mengajukan diri sebagai calon Kepala Desa Jugo. Tiga orang tersebut adalah Ahmad Jabir, Kholid Adnan dan Suroto. Dalam Pilkades ini, tidak semua warga ikut andil dalam pemilihan. Hanya perwakilan warga yang terdiri dari tokoh masyarakat, kelompok masyarakat dan tokoh agama, dengan jumlah keseluruhan 136 orang.

Pihak kepolisian, satuan polisi pamong praja (satpol PP) dan unsur lainnya dilibatkan dalam pengamanan pelaksanaan pilkades ini untuk menjaga kondusifitas. Bahkan Kapolres Blitar, AKBP Aditya Panji Anom, juga hadir untuk memantau jalannya Pilkades ini.

Dari hasil Pilkades Antar Waktu ini, Kholid Adnan terpilih sebagai Kepala Desa Jugo yang baru dengan memperoleh 77 suara, disusul oleh Suroto 45 suara dan Ahmad Jabir 13 suara. Sedangkan 1 orang tidak hadir dalam pemilihan tersebut. Rencananya kades yang terpilih akan dilantik sekitar bulan Januari 2021.

Camat Kesamben, Ir. Setiyono, MM, membenarkan bahwa pelaksanaan pilkades antar waktu ini untuk menggantikan kepala desa sebelumnya yang sudah meninggal dunia. Calon yang maju berjumlah tiga orang yang di pilih melalui perwakilan berjumlah 136 orang.

“Alhamdulillah pelaksanan Pilkades ini berjalan dengan lancar, karena semua pihak ikut serta untuk menjaga ketertiban. Tidak lupa saya sampaikan ucapan terimakasih kepada pihak aparat yang telah ikut membantu mengamankan jalannya Pilkades ini,” pungkas Camat.

Kmf/Eko

Komentar

Tinggalkan Balasan