oleh

Tentukan Pimpinan, Pemerintah Desa Purworejo Gelar Pilkades Antar Waktu

Blitar, (Metropolis.co.id) –¬†Pemerintah Desa Purworejo, Kecamatan Wates melaksanakan Musyawarah pemilihan kepala desa (Pilkades) antar waktu, Senin, (22/11/2021). Pelaksanaan pilkades ini dikarenakan Kepala Desa Purworejo definitif meninggal dunia beberapa waktu lalu sehingga perlu adanya pemilihan lagi untuk menggantikan masa jabatan sampai 2024. Hal ini sudah sesuai dengan peraturan Pemerintah Kabupaten Blitar untuk melaksanakan pilkades.

Dalam pilkades kali ini, ada tiga orang warga yang mengajukan diri sebagai calon Kepala Desa Purworejo. Tiga orang tersebut yakni Jarno, Fendik Suleksi Tejo Purnomo, dan Wawan Budi Setyo.

Pilkades tersebut diikuti oleh peserta yang memiliki hak suara. Mereka merupakan perwakilan masyarakat dari berbagai unsur, dengan jumlah sebanyak 123 orang. Namun, pada waktu pemilihan berlangsung hanya 119 peserta yang hadir, sementara 4 lainnya absen.

Peserta merupakan perwakilan dari tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan kelompok tani, perwakilan kelompok perempuan, perwakilan kelompok pemerhati dan perlindungan anak, perwakilan kelompok masyarakat miskin, dan unsur masyarakat lainnya.

Usai melalui proses penghitungan surat suara, Jarno Calon kades unggul dalam perolehan dengan 53 suara, disusul Fendik Suleksi Tejo Purnomo Calon kades dengan 51 suara, dan Wawan Budi Setyo Calon kades dengan 15 suara.

Pihak kepolisian, satpol PP dan unsur lainnya juga dilibatkan dalam pengamanan pelaksanaan Pilkades ini untuk menjaga kondusifitas. Kapolres Blitar, AKBP Aditya Panji Anom juga hadir untuk mengawal jalannya Pilkades ini.

Camat Wates, Agus Zaenal, bersyukur pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar, karena semua pihak ikut serta untuk menjaga ketertiban. Tidak lupa Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak aparat keamanan yang telah ikut membantu mengamankan jalannya Pilkades tersebut.

“Pelaksanaan pilkades antar waktu ini untuk menggantikan kepala desa sebelumnya yang sudah meninggal dunia. Calon yang maju berjumlah tiga orang yang di pilih melalui perwakilan berjumlah 123 orang, sesuai jadwal kita maksimalkan pelantikan kepala desa diperkirakan tanggal 25 Januari,” pungkasnya.

Kmf/Eko 

Komentar

Tinggalkan Balasan