oleh

Jusuf Kalla Kunjungi Sentra Tenun Lintau Buo

Tanah Datar, (Metropolis.co.id) –¬†Wakil Presiden RI Periode 2004 – 2009 dan 2014 – 2019 H. Jusuf Kalla bersama ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan mengunjungi Sentra Tenun Lintau yang terletak di Nagari Tigo Jangko kecamatan Lintau Buo. Selain mengunjungi Sentra Tenun rombongan juga singgah di kediaman Bupati Tanah Datar di Gedung Indojolito Batusangkar, Jumat (18/3/2022).

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama isteri didampingi Forkopimda Kabupaten Tanah Datar, Asisten Pemerintahan dan Kesra serta beberapa kepala OPD dilingkungan Pemkab Tanah Datar.

Tampak hadir pada kunjungan tersebut Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldi, Kapolda Sumbar Irjen Pol. Teddy Minahasa, Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Wisuda Utama, Kajari Tanah Datar Hardijono Sidayat, para Asisten, Kepala OPD, Camat Lintau Buo dan Lintau Buo Utara, Tokoh masyarakat Minang Fasli Jalal dan lainnya.

Selain itu juga hadir Komisaris PT. Bank Nagari Sumbar Benni Warlis, Pemimpin Divisi Pemasaran PT. Bank Nagari Sumbar Hardi Putra,Kepala Bank Nagari Cabang Batusangkar Fauzan, serta Kepala Cabang Bank Nagari Syariah dan Kepala Cabang Bank Nagari Lintau.

Dalam kunjungan kali ini Bapak H. Jusuf Kalla dan ibu Hj. Mufidah Jusuf Kalla menyempatkan untuk berbincang langsung dengan para pengrajin tenun dan melihat – lihat kerajinan tenun serta songket hasil karya para penenun di sentra tenun Lintau Buo.

Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) H. Jusuf Kalla menghimbau agar pihak pemerintah maupun swasta memajukan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal di daerah-daerah.

Menurut Jusuf Kalla, instansi pemerintah maupun swasta harus mendukung UMKM seperti usaha tenunan dengan menjadi user atau pembeli, sekaligus mempromosikan hasil produk dari UMKM tersebut.

“Kita disini sudah punya tenun, nah instansi pemerintah maupun swasta kan bisa membeli hasil tenun, kemudian dipakai jadi seragam dan saat pertemuan, itukan bisa menjadi promosi juga nanti, ” ujarnya.

Jusuf Kalla menjelaskan, jika boleh saja pejabat dan petinggi instansi di daerah memakai produk unggulan daerah untuk dipakai dalam pertemuan nasional. “Aturan yang harus menyeragamkan itu kan tidak ada, jadi tidak apa-apa, kita memakai produk daerah. Kan boleh berbeda tapi tetap satu juga, ” jelasnya.

Mantan Wakil Presiden dua kali tersebut juga mengatakan, jika hal itu dengan tujuan agar UMKM yang ada di daerah-daerah dapat maju dan berkembang.

“Untuk memajukan UMKM di daerah, tentu saja kita yang ada di daerah itu sendiri yang memulai. Oleh karena itu butuh kebersamaan,” ucapnya.

Sementara, Bupati Tanah Datar Eka Putra dikesempatan itu mengatakan bahwa kedatangan Bapak H. Jusuf Kalla beserta isteri dan rombongan merupakan bentuk dukungan dan motivasi untuk kemajuan ekonomi kreatif di Tanah Datar khususnya kerajinan tenun dan songket.

“Kita harus lebih baik lagi agar Sentra Tenun Lintau ini bisa berkembang dan menghasilkan, terutama bagi penenun itu sendiri. Sebagai penenun itu juga sangat menjanjikan penghasilannya, apalagi pasarnya sudah jelas dan harganya juga cukup tinggi. Tinggal bagaimana upaya kita meningkatkan jumlah produksi dan memperluas pasarnya saja,” kata Eka Putra.

Prokopim

Komentar

Tinggalkan Balasan