oleh

Gubernur Dorong Kepala Tiyuh di Tubaba Tingkatkan Inovasi dan Kreatifitas

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mendorong seluruh kepala Desa/Tiyuh yang ada di Kabupaten Tulang Bawang Barat agar meningkatkan inovasi dan kreativitasnya untuk pengelolaan sumber daya di wilayahnya.

Hal tersebut disampaikan pada saat membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Kesadaran Hukum tentang Pencegahan Tindak Pidana Korupsi Kabupaten Tulang Bawang Barat tahun 2022 di Balroom Hotel Golden Tulip, Bandarlampung, Rabu (15/6/2022).

Ia berpendapat para Kepala Desa memiliki peran yang luar biasa untuk menggerakan seluruh sumber daya di desanya karena peranan Desa/Tiyuh sangat penting dalam pembangunan di Provinsi Lampung.

“Desa adalah ujung tombak pemerintahan, dengan baiknya desa makan akan baik Kecamatannya selanjutnya Kabupatennya dan akhirnya untuk Provinsi Lampung,” ujarnya.

Gubernur Arinal mengatakan dengan terbitnya undang-undang Desa, Desa/Tiyuh tidak hanya menjadi objek pembangunan tetapi juga sebagai perancang pembangunan yang sesuai dengan potensi kebutuhannya.

“Desa menjadi subyek yang berperan aktif sebagai motor penggerak pembangunan,” lanjutnya.

Pada kesempatan itu juga, Gunernur Arinal mensosialisasikan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Lampung yaitu Kartu Petani Berjaya (KPB) yang bertujuan untuk mendorong kesejahteraan petani.

Ia menjelaskan melalui KPB nantinya para petani akan mendapatkan beberapa layanan yaitu kemudahan mendapatkan sarana produksi pertanian misal pupuk, bibit, alat mesin pertanian dan lain-lain.

Yang kedua kemudahan akses permodalan dari perbankan dan lembaga keuangan lainnya, memberikan bantuan pembinaan dan pendampingan manajemen usaha dan teknologi dan serta pemasaran pertanian.

Gubernur Arinal juga menekankan kepada para Kepala Desa yang hadir untuk menghindari perilaku korupsi.

“Pada prinsipnya saya menghimbau untuk menghindari hal tersebut, bagaimana cara menghindarinya adalah dengan tidak mencoba dan tidak dimulai, ayo membangun dengan benar,” pungkasnya.(Adpim)

Komentar

Tinggalkan Balasan