oleh

Pentingnya Swasembada Sekolah Untuk Lampung Selatan

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Dalam rangka meningkatkan kapasitas pendidikan, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan luncurkan gerakan Swasembada sekolah di Ballroom Swiss-Bell-hotel Lampung, pada Selasa (28/6/2022).

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Bupati Kabupaten Lampung Selatan, Nanang Ermanto beserta Ibu PAUD Winarni Nanang Ermanto, Pemerhati anak Seto Mulyadi atau akrab disapa Kak Seto, praktisi pendidikan dan penulis buku-buku pendidikan, Munif Chatib dan seluruh Forkopimda Kabupaten Lampung Selatan.

“Suai anjuran menteri pendidikan, bahwa Literisasi dan Lumalerisasi bukan hanya membaca, tapi menerapkan bahan yang sudah dibaca (swasembada sekolah) upaya mencukupi kebutuhan sendiri pendidikan berkualitas. Advokasi semesta dunia pendidikan harus sampai diruang keluarga, ” demikian kata Winarni membuka semangat para guru Lampung Selatan di Swiss-bel Hotel, Selasa (28/06/2022).

Ibu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Lampung Selatan, Winarni Nanang Ermanto juga mengatakan, Swasembada sekolah merupakan sarana untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Gerakan Swasembada sekolah merupakan upaya percepatan peningkatan kualitas pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Winarni.

Menurutnya, gerakan Swasembada sekolah adalah upaya konsolidasi kekuatan dengan mendorong nilai-nilai kasih sayang, peningkatan kualitas, kapasitas dan kompetensi dalam dunia pendidikan.

Selain itu, lanjut Winarni, Swasembada sekolah juga dapat menumbuhkan kesadaran pendidikan serta kerjasama dan gotong royong dalam menjawab tantangan dunia pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan.

“Swasembada sekolah menciptakan ekosistem pendidikan yang mampu mendukung proses percepatan pembangunan pendidikan di Kabupaten Lampung Selatan, menterjemahkan strategi merdeka belajar dan guru penggerak seperti yang diamanatkan pemerintah pusat,” ungkapnya.

Nr/Red

Komentar

News Feed