oleh

Sepakbola Porprov IX: Pembantai Di Hari Pertama

Bandar Lamnpung, (Metropolis.co.id) – Beda kelas. Itulah yang bisa disampaikan dalam pertandingan pembuka cabang olahraga Sepakbola Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX Lampung tahun 2022 yang digelar di stadion Sumpah Pemuda Way Halim Bandarlampung, Kamis 1 Desember 2022.

Dua partai pertandingan yang digelar hari ini dari grup A yang tampaknya merupakan grup “keras” yakni Lampung Tengah, Way Kanan, Kota Metro dan Lampung Utara.

Pada partai pertama Lampung Tengah dengan gagah perkasa menenggelamkan Way Kanan dengan skor 8-1 (4-1). Gol pemain bernomor punggung 18, Wahyudi penyerang tengah Lamteng pada menit 5 mengawali hatrik yang dibuatnya dengan tambahan gol menit 49 dan 51 ke gawang Way Kanan yang dijaga Eldo Arya Saputra.

Sementara Lampung Utara berhasil mengalahkan Persikomet Kota Metro dengan skot akhir 2-0. Dan dalam pertandingan ini juga diwarnai dengan adanya kartu merah untuk pemain Kota Metro yang menerima kartu kuning ke dua pada menit 40. Sehingga sejak itu Metro bermain dengan 10 orang.

Lamteng – Way Kanan Tidak Imbang

Pertandingan antara Lampung Tengah dengan Way Kanan memang sangat tidak imbang secara teknis, karena anak asuhan Pelatih Dedi Primadona lebih banyak mendikte permain sepanjang pertandingan. Bahkan Anak-anak Way Kanan dipaksa untuk bertahan sepanjang laga.
Namun anak asuhan Pelatih Bambang Setiadi, masih mampu mencuri satu gol dari Lampung tengah lewat kaki Nengah Adi Putra pada menit 23. Selebihnya mereka harus berlari tanpa bola dan didikte anak-anak Lampung Tengah.

Pencetak gol Lampung Tengah: Richo Hans Saputra mencetak dua gol pada menit 29 dan 38. Sementara tiga gola lainnya dicetak F Rizki Ardiyansah menit 35, Dani Esa Pratama menit 66, Roni Kurniawan menit 53.

Pertandingan ini dipimpin Wasit Irul Hidayat dari PSSI, dibantu Asisten Wasit 1 Ignatius Andrianto dan Asisten Wasit 2 Alfredo dari PSSI.
Kartu Merah.

Sementara, dipertandingan kedua, Lampung Utara mampu unggul 1-0 dibabak pertama berkat gol penalti yang dicetak Bayu di menit ke 31 ke gawang Metro, berawal dari pelanggaran di kotak penalti Metro. Dibabak pertama, Metro harus kehilangan pemain atas nama Pascal akibat menerima dua kartu kuning masing-masing menit 4 dan 40, sehingga wasit memberikan kartu merah.

Lampura mampu kembali menambah gol nya lewat tendangan keras terarah pemain nomor punggung 10 Hairiya ke gawang Metro di menit 66. Skor akhir 2-0 untuk kemenangan Lampura. Sementara klasmen grup A Lamteng memimpin diposisi pertama, disusul Lampura posisi kedua, dan Metro serta Way Kanan.

Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Lampung, Eddy Samsu mengatakan, pihaknya bersyukur dipertandingan hari pertama bisa berjalan lancar.

Menurutnya, jalannya pertandingan pertama dan kedua sangat seru dan berjalan menarik.
“Saya berharap hingga pertandingan selanjutnya bisa berjalan lancar. Selain itu, dari Porprov ini diharapkan dapat tersaring bibit-bibit pesepakbola yang bisa membawa nama Lampung di ajang Porwil bahkan PON mendatang,” kata dia.

Pencetak Gol Lampung Utara yakni center forwad Bayu Sutrisno (9) pada menit 31 melalui titik putih, lantaran pemain Kota Metro yang ditangani pelatih Bagus Susilo membuat pelanggaran di kotak penalty sendiri. Dan Sutrisno mampu dengan baik mengkonversi menjadi gol. Dan penyerang lainnya Hairiya Firmansyah menambah pundi gol Lampura di menit 62.

Wasit mengeluarkan 6 kartu kuning dan satu kartu merah. Kartu kuning dikeluarkan untuk pemain center back Kota Metro, Pascal Anpasy Nahlohy pada menit 4 dan 40 sehingga berujung pengusiran dia dari lapangan pada menit 40. Satu kartu kuning lagi untuk penjaga gawang Metro, Fachrizal Bawari.

Sementara itu bagi tim lampung Utara yang diasuh Johan Wahyudi kebanjiran kartu kuning, yakni ada lima yang diperuntukkan bagi Liberro bernomor punggung 3, Muhammad Sodiqin menit 33 dan 17 midfielder M. Hafid Abdullah (17) pada menit 23.

Lalu center midfielder Muhammad Adek Suhendar (12) pada menit ke 25 juga menerima kartu kuning atas pelanggaran terhadap pemain lawan. Dua kartu kuning lagi untu Fajar Permana menit 78 dan penyerang Lampura, Hairiya Firmansyah menit ke 62.

Jadwal pertandingan esok hari :
1 Pukul 08.00 wib : Bandarlampung versus Pringsewu
2 Pukul 13.30 wib : Lampung Timur versus Mesuji
3 Pukul 15.30 wib : Tulangbawang versus Tulangbawang Barat. (tim)

Hms Koni

Komentar

Tinggalkan Balasan