Terima Audiensi PWI, Pj Bupati Tuba Curhat APBD Defisit Rp250 M

Tulang Bawang1406 Dilihat

Tulangbawang, (Metropolis.co.id) – Penjabat (Pj) Bupati Tulang Bawang Qudratul Ikhwan menerima audiensi Organizing Commitee (OC) Konfrensi Kabupaten Luar Biasa (Konferkablub) PWI Tulang Bawang (Tuba), Senin, 29 Mei 2023.

Pj Bupati Tuba menyambut baik silaturahmi jajaran PWI Tuba. Ia berharap siapapun yang terpilih menjadi ketua nanti dapat bersinergi dengan Pemkab Tuba. Qudratul juga memastikan tidak akan intervensi proses dan pelaksanaannya.

Namun terkait bantuan anggaran pelaksanaan konferkablub, Pj Bupati menyatakan bila kondisi keuangan Pemda Tuba masih dalam kondisi sulit lantaran defisit anggaran hingga Rp250 miliar.

Akan tetapi, lanjut Qudrotul, sebagai bentuk kepedulian Pemkab Tuba guna digelarnya acara Konferkablub, pihaknya bisa membantu menyediakan tempat untuk pelaksanaan konferkablub.

Ketua OC Konferkablub Erwin menghaturkan terimakasih dan apresiasi kepada Pj Bupati Qudrotul Ikhwan yang telah dengan cepat membalas surat panitia OC untuk dapat audiensi.

”Belum sampai satu pekan surat kami serahkan audah diberikan waktu untuk melakukan audiensi,” jelasnya.

Dijelaskannya, dalam audiensi tersebut, bahwa seyogyanya Konferkab PWI Tuba akan digelar pada 2024 mendatang. Namun mengingat adanya kekosongan ketua yang saat ini telah mendaftarkan diri menjadi Caleg DPRD Kabupaten Tulang Bawang maka PWI Lampung melalui rapat pleno menunjuk Ketua Bidang Organisasi PWI Lampung sebagai pelaksana tugas ketua.

“Mengingat Plt mendapat tugas satu bulan untuk menggelar konferkablub untuk memilih ketua dan kepengurusan definitif periode 2023-2026, maka kami meminta arahan dan petunjuk Pj Bupati Tuba agar konferkablub yang dijadwalkan berlangsung pada 15 Juni 2023 dapat terselenggara,” tuturnya.

Lebih lanjut, Erwin menyesalkan terjadinya defisit anggaran Pemkab Tuba. Sementara kepemimpinan Pj Bupati Tuba belum lama. Pj Bupati menjabat pada 18 Desember 2022 lalu dan saat ini tahun anggaran baru berjalan lima bulan.

“Kita berharap adanya transparansi penyebab defisit anggaran apakah karena postur APBD yang tidak realistis atau adanya hutang yang dibebankan dalam APBD atau ada penyebab lainnya,” tegas Erwin.

Ia menegaskan PWI Tuba siap menjadi penyampai informasi ke publik agar masyarakat memahami penyebab adanya perlambatan pembangunan di Tuba.

Turut hadir dalam acara tersebut Asisten II DR Pahada Hidayat, Kadis Kominfo Tuba, Kaban Kesbangpol Tuba.

Rls PWI

Komentar