Minimalisir Jumlah Angka Pengangguran, Pemkab Blitar Gelar Job Fair 2023

Blitar317 Dilihat

Blitar, (Metropolis.co.id) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar menyelenggarakan kegiatan Job Fair 2023 di Gedung Serbaguna Kabupaten Blitar, Kamis (27/07/2023).

Lewat Job Fair 2023 yang dibuka oleh Bupati Blitar, Rini Syarifah tersebut, Pemkab Blitar berkomitmen menciptakan kesempatan kerja yang berkualitas dan meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat kabupaten Blitar.

Job Fair yang diikuti sekitar 30 perusahaan ini, akan berlangsung dari tanggal 27 Juli hinga 28 Juli 2023, dan diharapkan bisa menyerap kurang lebih 1.000 tenaga kerja di Kabupaten Blitar.

Dalam sambutannya, Bupati Blitar, Rini Syatifah, mengatakan, Job Fair menjadi momen penting bagi masyarakat Kabupaten Blitar, terutama para pencari kerja, pelaku usaha dan perusahaan.

“Diharapkan kegiatan Job Fair ini benar-benar membantu atau sebagai referensi para pencari kerja sesuai kompetensi dan minatnya,” katanya.

Rini Syarifah juga menjelaskan, begitu pula sebaliknya bagi penyedia lapangan pekerjaan, bisa mempromosikan posisi atau jenis pekerjaan kepada para pencari kerja. Sekaligus bisa langsung memilih calon karyawan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh masing-masing perusahaan.

“Job Fair merupakan salah satu upaya Pemkab Blitar untuk mengurangi jumlah angka pengangguran. Selain itu juga sebagai alternatif para pencari kerja yang kurang berminat terhadap pekerjaan di sektor pertanian,” jelasnya.

Rini Syarifah mengungkapkan, Kabupaten Blitar adalah daerah agraris, bukan daerah industri, sehingga kesempatan kerja yang banyak adalah di sektor pertanian.

“Bagi para pencari kerja yang belum mempunyai kesempatan diterima perusahaan yang diinginkan, jangan patah semangat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Rini Syarifah, menambahkan, Pemkab Blitar juga memberikan bantuan peralatan memasak kepada 360 peserta pelatihan tata boga dan pastry yang diadakan oleh Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar.

“Mudah-mudahan peralatan praktek yang diberikan oleh Pemkab Blitar bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung dalam berwirausaha dan bisa menyokong ekonomi keluarga. Sehingga bisa mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Blitar,” imbuhnya.

Eko/Adv

Komentar