Gelaran Panen Karya Literasi, 9 SDN di Asahan Jadi Peserta

Asahan134 Dilihat

Kabupaten Asahan, (Metropolis.co.id) – Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan melakukan kegiatan Gelaran Panen Karya Literasi yang bekerja sama dengan dompet duafa digelar pada hari Sabtu tanggal 9 September 2023 di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan.

Acara yang digelar tersebut, menampilkan sembilan sekolah yang menjadi peserta/pelaksana yang ada di Kabupaten Asahan dengan mitra dari sekolah masing-masing, juga sekolah dari Fasda (Fasilitator Daerah).

Adapun kesembilan sekolah yang menjadi peserta/ pelaksana kegiatan tersebut adalah;

  1. UPTD SDN 015861 Bunut Seberang (Susilawaty, S.Pd)
  2. UPTD SDN 010085 Kisaran Kota (Kurnia Agustina, S.Pd)
  3. UPTD SDN 010097 Karang Anyer (Sadur Maro Damanik, S.Pd)
  4. UPTD SDN 016504 Dadimulyo (Ida Aini, S.Pd)
  5. UPTD SDN 017108 Sentang (Tuty Ashirina, S.Pd)
  6. UPTD SDN 013858 Mekar Baru (Halimah, S.Pd)
  7. UPTD SDN 010088 Selawan (Emmy Rahmayanti, S.Pd)
  8. UPTD SDN 014685 SiUmbut Baru (Siti Fatimah, S.Pd)
  9. UPTD SDN 018439 Sentang (Tukiman, AMa.Pd)

Para peserta dari sembilan sekolah yang telah dua tahun dibina dalam POP (Program Organisasi Penggerak), merupakan bimbingan dari Fasda (Fasilitator Daerah) yaitu; Pak Ramadhan Firmansyah, S.Pd, Pak Suhendro, S.Pd, dan bu Isnaini, S.Pd.

Acara tersebut dihadiri oleh Drs. H. Supriyanto, M.Pd selaku Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Kabid SD (Pak Andi Rusada Sitorus, S.Pd), Korwil Kecamatan, mitra dari sembilan POP dan para tamu undangan lainnya.

Gelaran panen karya literasi ini menampilkan berbagai hasil media pembelajaran guru kepada murid, hasil karya para siswa, atraksi tarian, puisi, drama, pildacil, atraksi model pembelajaran, serta lainnya.

Menurut pantauan media ini, suasana.begitu semarak, juga mendapat apresiasi dari Kadis Pendidikan untuk mengambil tiga sekolah dengan nilai yang lebih dari segi hasil karyanya dalam leterasi.

Walaupun dengan ke sembilan sekolah yang menjadi penilaian oleh Pak Lasim Sinaga (Penggiat), Bu Siti Zokhroh (Pendiri Guru Literat) semuanya sangat bagus-bagus, menarik, dan juga dapat berinteraksi dari guru, orang tua murid, siswa, serta para warga sekolah. Tapi apresiasi yang diberikan memotivasi terus bagi sekolah untuk maju dan berkarya.

Dari hasil penilaian dan pantauan langsung ke stand sembilan sekolah tersebut, terteralah nama-namanya;

  1. UPTD SDN 010096 Karang Anyer (Sadur Maro Damanik, S.Pd)
  2. UPTD SDN 016504 Dadimulyo (Ida Aini, S.Pd)
  3. UPTD SDN 010085 Kisaran Kota (Kurnia Agustina, S.Pd)

Acara ditutup oleh Kabid SD (Pak Andi Rusada Sitorus, S.Pd), dengan menghimbau untuk memotivasi ke depannya lebih baik lagi, lebih giat, serta tetap menarik minat dalam berliterasi dalam POP (Program Organisasi Penggerak) SLI (Sekolah Literasi Indonesia) yang bekerja sama dengan dompet duafa.

“Ayo, literasi tetap maju, berwawasan, serta berbudi pekerti dalam semangat untuk bersama-sama meraihnya. Literasi bukan sekedar membaca. Membaca untuk merdeka,” tandasnya.

Diskominfo Asahan

Komentar