362 Atlet Lampung akan Jalani Test Fisik 

Bandar Lampung350 Dilihat

Bandar Lampung, (Metropolis.co.id) – Sebanyak 360 atlet Lampung dari 50 Cabang Olahraga, akan menjalani tes fisik dan kesehatan sebagai langkah awal memasuki Pemusatam Latihan Provinsi (Pelatprov) 2024, yang dilaksanakan oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung 5-7 Desember 2023.

Menurut Kabid Binpres KONI Lampung Dr Candra Kurniawan, tes fisik dan kesehatan yang mereka lakukan terhadap atlet yang sudah dinyatakan lolos PON 2024 Aceh-Sumut.

Merupakan program kerja dalam persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut yang akan datamg.

“Tes kami bagi menjadi tiga sesi dalam 3 hari. Dimana setiap harinya kurang lebih 120 atlet yang menjalani tes. Semua atlet kami wajibkan ikut tes, karena itu adalah syarat untuk masuk ke Program Pelatprov,” kata Candra.

Lebih lanjut Candra menjelaskan, tes yang dilakukan kepada para atlet sebanyak 18 item 6 diantaranya kesehatan dan sisanya tes fisik seperti PO2 Max. 

Meski demikian tidak semua atlet mendapatkan item yang sama, hal itu dikarenakan antara Cabor satu dan lainnya pasti berbeda seperti bela diri dengan catur.

“Kita akan lihat di lapangan, yang jelas akan ada pernedaan tes terhadap para atlet. Namun yang pasti untuk PO2 Max, seluruh atlet akan menjalani tes untuk itu,” lanjut Candra.

Selain itu Candra juga menjelaskan, Program yang sudah dilakukan secara rutin oleh Bidang Pembinaan Prestasi dan lainnya adalah monitoring dan evaluasi (Moneva) ke beberapa cabang olahraga, langsung ke lokasi latihan.

Para atlet Lampung sendiri dalam pelaksanaan Pelatprov waktunya berbeda, mengingat babak kualifikasinya berbeda sehingga waktunya berbeda. Yang jelas pelaksanaan Pelatprov sudah berlangsung sejak 1 Oktober – 30 Desember 2023, kemudian akan dilanjutkan pada 1 Januari sampai dengan menjelang pelaksanaan PON.

Ketua Harian KONI provinsi Lampung, Brigjen (Purn) Amalsyah Tarmizi, kepada mediasenior.id mengatakan bahwa program yang sudah dicanangkan harus segera dilaksanakan. 

“Dalam rapat dengan cabor beberapa kali sebelum ini sudah kami sosialisasikan tentang rentang program KONI Lampung, mulai dari monev hingga program lainnya. Maka dari itu, secara konsekuen, kami sudah memulainya sejak beberapa waktu lalu dengan turun ke lokasi latihan,” ungkapnya.

Jadwal pelaksanaan Tes,

Selasa, 5 Desember – Atletik, Basket, Baseball, Bola Voli Pasir, Bulutangkis, Criket, Futsal, Gateball, Korfball, Menembak, Panahan, Sepak Takraw, Sepeda, Sofball, Tenis Meja, dan Triathlon.

Rabu, 6 Desember – Anggar, Berkuda, Gulat,  Hapkido, Judo, Kabaddi, Karate, Kempo, Kick Bopxing, Kurash, Muaythai, Pencak Silat, Tarung Drajat, Tinju, Sambo,  Senam, Senam, Tenis Lapangan. dan Wushu.

Kamis, 7 Desember – Angkat Besi, Angkat Berat, Aeromodelling, Biliar, Binaraga, Catur, Dance Sport, E-Sport,  Golf, Motor, Paramotor, Selam, Sepatu Roda, Renang, Soft Tenis, Selancar Ombak, Terjun Payung, Panjat Tebing, dan Woodball.

Undangan test fisik ini sesuai dengan surat undangan KONI Lampung, akan dimulai setiap pukul 07.30 wib sampai selesai.

HMS Koni Lampung

Komentar