3 Cara Indonesia Lolos 16 Besar Piala Asia Usai Kalah dari Jepang

Nasional685 Dilihat

Jakarta, (Metropolis.co.id) – Timnas Indonesia kalah 1-3 dari Jepang dalam laga Piala Asia di Al Thumama, Rabu (24/1). Berikut tiga cara Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia.
Timnas Indonesia resmi duduk di posisi ketiga grup D Piala Asia setelah kalah 1-3 dari Jepang. Kekalahan itu membuat Timnas Indonesia kini bergantung pada hasil tim lain untuk lolos ke babak 16 besar.

Dua pertandingan yang bakal berpengaruh pada nasib Timnas Indonesia adalah Yordania vs Bahrain dan Oman vs Kirigistan. Dua laga itu bakal berlangsung pada Kamis (25/1).

Yordania saat ini memimpin grup E dengan nilai empat poin. Sementara itu Bahrain ada di posisi ketiga dengan koleksi tiga angka.

Indonesia mesti berharap Yordania menang 2-0 atas Bahrain. Bila ini yang terjadi, Timnas Indonesia akan unggul jumlah gol atas Bahrain ketika selisih gol Indonesia dan Bahrain sama-sama minus tiga.

Indonesia juga bisa lolos bila Yordania menang dengan selisih tiga gol, baik itu 3-0, 4-1, dst. Timnas Indonesia akan lolos dengan keunggulan selisih gol atas Bahrain.

Namun bila Bahrain kalah dengan selisih satu gol atau kalah selisih dua gol namun bisa mencetak gol (1-3, 2-4, dst), maka Bahrain yang akan unggul atas Indonesia.

  1. Oman vs Kirgistan Imbang

Cara lain yang bisa ditempuh agar Timnas Indonesia lolos ke 16 besar adalah Oman bermain imbang lawan Kirgistan. Bila ini terjadi, Oman hanya punya dua poin di akhir klasemen grup F.

Dengan demikian, Timnas Indonesia punya jumlah poin lebih banyak dibandingkan Oman.

Laga Yordania vs Bahrain akan dimainkan terlebih dulu disusul duel Oman vs Kirgistan kemudian.

  1. Kirgistan Menang 1-0 atau 2-1 Atas Oman

Timnas Indonesia juga akan lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 jika Kirgistan mampu menang 1-0 atau 2-1 atas Oman. Dengan begitu Indonesia memiliki keunggulan produktivitas gol atas Kirgistan.

Kirgistan saat ini memiliki 0 poin, belum mampu cetak gol, dan selisih gol -4. Sementara Indonesia punya 3 poin, mencetak tiga gol dan selisih gol -3. Jika Kirgistan menang 1-0 atau 2-1, mereka akan punya 3 poin dan selisih gol -3 sama dengan Indonesia, namun tim Garuda menang produktivitas gol karena mencetak tiga gol.

CNN

Komentar