Jurnal Al ‘Adalah Fakultas Syariah UIN RIL Berhasil Terindeks Scopus

Kabar Kampus282 Dilihat

Bandar Lampung (Metropolis.co.id) – Jurnal Al ‘Adalah milik Fakultas Syariah (FS) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) berhasil menjadi jurnal terindeks Scopus pertama di UIN RIL.

Rektor Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas capaian predikat jurnal internasional bereputasi tersebut.

“Alhamdulillah, satu lagi capaian akademik UIN Raden Intan Lampung, setelah akhir Januari yang lalu kita mendapatkan raihan peringkat 3 Webometrics se-PTKIN di Indonesia. Terima kasih kepada seluruh tim yang terlibat. Tim pantas mendapatkannya dan seluruh civitas akademika pantas membanggakannya,” ungkap Rektor, Rabu (07/02/2024).

Dengan diraihnya prestasi membanggakan kampus yang memiliki 42 jurnal ini, Rektor mengajak kepada seluruh sivitas akademika untuk terus berikhtiar meningkatkan kualitas jurnal-jurnal yang lain. Tetap berkarya demi kampus tercinta, bangsa dan negara.
Sementara terkait pencapaian ini, Dekan Fakultas Syariah Dr Efa Rodiah Nur MH menyampaikan, “Penantian dari proses panjang sejak 2022 hingga submit bulan Desember 2023, seakan tak terasa dengan hasil yang memuaskan ini. Kerja tim jurnal yang solid dan teman-teman editor Al ‘Adalah yang luar biasa, serta support dan doa dari pak Rektor, semoga menjadi keberkahan untuk kita semua.”

Dr Abdul Qodir Zaelani SHI MA sebagai Editor in Chief Jurnal Al ‘Adalah menerangkan bahwa proses membangun Jurnal Al-’Adalah hingga berhasil terindeks Scopus dilakukan secara bertahap dan dipersiapkan dengan usaha yang sungguh-sungguh dan matang.

“Beberapa proses yang dilakukan diantaranya adalah mempersiapkan artikel jurnal full text berbahasa Inggris sejak 2018, dan melengkapi persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi oleh jurnal Al-‘Adalah.”

Dalam prosesnya, tim jurnal Al-‘Adalah belajar dari jurnal-jurnal yang sudah terindeks Scopus serta belajar dari kekurangan jurnal yang pernah submit ke Scopus.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras semua tim jurnal al-‘Adalah, perjuangan dan usaha yang dilakukan bertahun- tahun, membuahkan hasil yang menggembirakan.”

Sebagai Editor in Chief al-‘Adalah, ia mengucapkan terimakasih kepada Rektor UIN Raden Intan beserta pimpinan, Dekan Fakultas Syariah beserta jajaran dan pihak terkait yang selalu mendorong Al-‘Adalah untuk terus berproses ke arah lebih baik.

Sesuai dengan Visi UIN Raden Intan, ia juga berharap artikel-artikel jurnal Al ‘Adalah dapat menjadi rujukan internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif interdisipliner yang bisa mewarnai keilmuan keislaman global terkait hukum Islam.

Sedangkan Kepala Pusat HKI, Paten dan Publikasi Ilmiah Antomi Saregar MPd MSi mengharapkan, “Semoga ini menjadi pintu bagi jurnal-jurnal UIN Raden Intan Lampung lainnya agar bisa terindeks Scopus.”

Humas UIN-RIL

Komentar