PJ Bupati Marindo Sampaikan Capaian Pembangunan di Pardasuka

Pringsewu342 Dilihat

Pringsewu, (Metropolis.co.id) – Dihadapan warga Perdasuka PJ Bupati Pringsewu, Marindo Kurniawan menyampaikan capaian-capaian pengelolaan sistem pemerintahan Pringsewu, sehingga menjadi suatu kemudahan baginya dalam melaksanakan sistem pemerintahan, karena telah terbangun sistem yang baik.

Selain sistem yang baik, tentu perlu diimbangi dengan pengelolaan pemerintahan yang tepat, sehingga hasilnya bisa berjalan terarah dan terasa oleh masyarakat.

“Dengan sistem yang baik maka memudahkan kita menentukan arah pembangunan, baik pembangunan fisik maupun SDM yang ada di Kabupaten Pringsewu, kita akan terus mengawal setiap pembangunan agar bermanfaat untuk masyarakat,” kata PJ Bupati Pringsewu, Marindo Kurniawan, selasa (26/03/2024).

Sebagai contoh untuk Kecamatan Pardasuka sendiri, pada Tahun 2024 ini telah disusun berbagai program
Pembangunan-pembangunan dari usulan masyarakat hasil Musrenbang Pekon dan Kecamatan yang dilaksanakan Tahun 2023 lalu.

“Program-program tersebut telah mulai dijalankan sejak awal Tahun 2024 dan telah banyak manfaat yang dirasakan dan tersebar di wilayah Kecamatan Pardasuka,” lanjutnya.

Adapun bentuk pembangunan fisik tersebut antara lain Peningkatan Jalan sampai dengan latasir ruas jalan Dusun 1 Pekon Pujodadi, Peningkatan Jalan sampai dengan latasir ruas jalan Surya Photo Dusun Sidodadi Pekon Sidodadi.

Peningkatan Kualitas Lingkungan Hunian Asri Masyarakat melalui Pemugaran Prasarana dan Sarana serta Rehabilitasi Bendung, Rehabilitasi Saluran Irigasi Way Bulok Sukamara IV dan Saluran Irigasi Way Manak II yang berlokasi di Pekon Sukorejo, Rehabilitasi Bendung Way Klutum, Pekon Tanjung Rusia Timur, Rehabilitasi Bendung Way Mincang II (Lanjutan), Pekon Pardasuka.

Selanjutnya Rehabilitasi Saluran Irigasi Way Rantau Tijang, Pekon Rantau Tijang, Normalisasi dan
Rehabilitasi Saluran Pembuang Pekon Sidodadi dan Rekonstruksi/Peningkatan Kapasitas Struktur Jalan
Ruas Jalan Pujodadi – Sidorejo Pelayangan (Jl.Kesehatan) di Pekon Pujodadi.

“Keseluruhannya dilaksanakan dengan tujuan untuk peningkatan kualitas jalan dan kondisi infrastruktur serta pengairan yang mantap sehingga akan lebih berperan membantu para petani dan warga masyarakat sekitar
untuk meningkatkan taraf perekonomiannya,” lanut Marindo.

Selain itu, pada para pelaku UMKM akan diberikan Bantuan berupa Pembinaan Industri Kecil dan Mikro
Pekon di Kecamatan Pardasuka, dibidang Perikanan, Pertanian dan Kesehatan akan dilaksanakan Kegiatan
Sosialisasi Budidaya Ikan Air Tawar, Pekat bibit sayuran, pupuk kandang, polybag dan waring.

Seperti di Pekon Selapan, Pemberian Makanan Tambahan Ibu Hamil Kurang Energi Kronis dan Bayi
Lima tahun Gizi Kurang. Dibidang Sosial dan Ketenagakerjaan berupa Pelatihan Digital Marketing,
Pemasangan Lampu Penerangan Jalan Umum, Pembentukan Desa/Pekon Tangguh Bencana (Destana).

Adapula bantuan Pengembangan Perpustakaan Pekon, Rumah Ibadah, Pondok Pesantren dan Perpustakaan Khusus, Pembinaan dan Pengendalian serta Fasilitasi Pengelolaan Keuangan Pemerintah Pekon, Pengkuatan Tim Penggerak PKK Pekon dan Fasilitasi Lomba Antar Pekon dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat se-Kabupaten Pringsewu.

Kemudian ada juga bantuan Sosial RTLH, Fasilitasi Bantuan Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Bantuan Bibit Tanaman Guna Ketahanan Pangan, Bantuan Hibah untuk Lembaga Keagamaan serta bantuan Sarana
Pendukung bagi Rumah Ibadah.

“Selain itu, pada hari ini juga kami serahkan secara simbolis bantuan dari Pemerintah Kabupaten
Pringsewu, saya berharap agar bantuan yang diberikan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaikbaiknya dan sesuai dengan peruntukannya serta tolong dirawat dan jaga fasilitas yang diberikan,sehingga dapat terus dimanfaatkan dimasa yang akan datang,” sambungnya.

Tidak lupa ia mengajak semua yang hadir, untuk bersama-sama berdoa agar dapat menjalani ibadah puasa Ramadhan ini dengan baik, hingga hari kemenangan nantinya.

“Ingat, meskipun berpuasa jangan jadikan semangat kita membangun Kabupaten Pringsewu menjadi kendur. Justru dimoment dimana amal kita digandakan maka kita harus semakin bersemangat saling bahu membahu
membangun Kabupaten Pringsewu yang kita cintai ini,” demikian Marindo Kurniawan.

Tim

Komentar