Tangisan Warga Pulau Sebuku Pasca Tsunami

Lampung : Pasca terjangan Tsunami di Lampung-banten beberapa warga kepulauan turut menjadi korban bencana, selain di pulau subesi yang sudah diekspose oleh Metropolis secara eklusif soal 2000 an warga terjebak diatas gunung.Kini ada sebuah kepulauan yakni Sebuku yang masuk administratif desa canggung butuh bantuan untuk menepi dan bahan makanan.

“Dari 90 KK yang ada, Bersyukur tidak ada korban jiwa di tempat kita, tetapi warga trauma dan berhamburan menyelamatkan diri pada malam kejadian ke dua puncak tertinggi diwilayah kami,”Ujar Kepala Desa Canggung Bapak Tarmizi Kepada, Metropolis.co.id, Senin (24/123/2018).

Kepala Desa Canggung, Bapak Tarmizi juga menyebutkan, dampak dari Tsunami didesanya yang terdiri dari tujuh pelabuhan itu tidak begitu parah, rumah warga hanya hitungan jari yang rusak begitu juga dengan wilayah lain, terdata hanya 2 pelabuhan yang mengalami kerusakan.

“Alhamdulillah, rumah hanya 2 unit saja yang kena pak, kemudian untuk dermaga terdeteksi 2 juga itu untuk sandar kapal ada sedikit kerusakan, tapi yang lain amanlah,”Jelasnya.

Menurutnya, selain butuh perobatan dan bahan makanan, dampak yang cukup terasa oleh warga nya di pulau Sebuku ialah dampak psikis, betapa tidak pada saat malam hari tsunami itu mereka berlarian menyelamatkan diri ke gunung ato dan gunung tunggul, hingga saat itu juga ada yang terluka.

“Pas malam saat menyelamatkan diri itu banyak yang luka,”tegasnya.

Masih Kata Tarmizi, Hingga kini yang sangat dibutuhkan warganya ialah Transportasi keluar pulau, karena beberapa dari mereka terus menangis hendak keluar pulau menyelamatkan diri dan mencari bahan makanan.

“kalau boleh berharap, ya bantuan yang tepat untuk saat ialah beras da makanan, sebab gak ada kapal buat transportasi, beberpa dari mereka juga ada yang menangis meminta dari sini agar para pihak menyediakan alat transportasi itu semua pada gak tahan dan menangis,”harapnya.

Diketahui pulau canggung atau yang lebih dikenal dengan pulau sebuku ini ialah dua pulau yang ada di wilayah rajabasa lampung selatan setelah pulau subesi, yang turut terkena dampak dari Tsunami, Sabtu malam (22/12/2018).

Phak desa canggung perdana memberikan bantuan ke Pulau Sebuku

Hingga berita ini diturunkan , pihak desa Canggung yang di pimpin langsung oleh Kades trmizi sedang dalam persiapan menyampaikan bantuan ke pulau sebuku, sengan membawa beberapa bantuan seperti mie instan dan obat obatan.

Penulis : Putra

Komentar