Pengusaha Mikro Kota Blitar Diminta Terus Berinovasi Produk UMKM

Blitar, Nasional172 Dilihat
Pengusaha Mikro Kota Blitar Diminta Terus Berinovasi Produk UMKM

Kota Blitar, (Metropolis.co.id) – Workshop penguatan promosi melalui inovasi produk yang digelar Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Blitar, resmi dibuka oleh Pjs. Walikota Blitar, Dr. Ir. Jumadi, M.MT. Acara tersebut bertempat di Wisma PKPRI Kota Blitar, Selasa (10/11/2020).

Kegiatan workshop tersebut digelar dalam rangka peningkatan dan pengembangan jaringan kerjasama usaha mikro tahun 2020 dan diikuti 50 pelaku usaha mikro, serta menghadirkan narasumber dari Komunitas Tangan Diatas Blitar Raya.

Pjs Walikota Blitar, Jumadi, menilai struktur ekonomi di Kota Blitar, sebagian besar kontribusinya dari usaha mikro kecil menengah. Oleh sebab itu para pelaku usaha mikro juga dituntut untuk harus berinovasi, karena produk itu harus disesuaikan dengan konsumen. Menurutnya, konsumen itu tidak hanya dari orang Blitar, akan tetapi orang luar daerah banyak juga yang datang ke Blitar.

“Nah kalau di Kota Blitar tidak dipersiapkan produk UMKM yang sesuai selera konsumen maka kita akan ketinggalan, mungkin kota lain akan memasukkan produknya ke Kota Blitar. Diharapkan setelah mengikuti workshop ini maka marketnya akan naik, dan juga antara inovasi dan market harus korelatif,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jumadi juga meminta kepada Dinas terkait untuk melakukan pengecekan kepada para pelaku usaha mikro setelah produksi untuk dicek pasarnya, dalam arti semakin meningkat atau tidak. Dinas diharapkan punya sistem seperti inkubator untuk menggodok teman-teman wirausaha mikro.

“Setelah itu kita tes pasarnya sudah menang apa belum, kalau sudah menang ya kita lepas terus, kalau masih kalah ya kita tarik kembali untuk dicari titik kelemahannya,” pungkasnya.

Hms/Adv

Komentar