Pelepasan Wisuda Angkatan 44 SMAN 2 Lumajang Penuh Pesan dan Makna

Lumajang, (Metropolis.co.id) – Pendidikan merupakan faktor utama dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan bernegara, hal tersebut merupakan tiang dalam membangun suatu negara agar lebih baik dan maju dari aspek ekonomi, sosial serta budaya negara itu sendiri.

Pendidikan juga dapat menjadi tolak ukur sampai sejauh mana tingkat kemajuan dari suatu negara tersebut, sehingga peran dari pendidikan sangat vital dalam kehidupan masyarakat.Tepatnya pukul 09.00 wib, Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Lumajang, mengadakan wisuda/pelepasan siswa dan siswinya untuk periode ajaran 2022/2023.

Acara tersebut berlangsung di gedung Mahameru, Jl. Gubernur Suryo, Embong Kembar Kecamatan Lumajang, Kabupaten Lumajang Jawa Timur, yang di ikuti oleh 370 siswa dan siswi kelas Xll.

Tema yang di usung dalam acara tersebut adalah melangkah bersama menuju masa depan yg cerah dan gemilang, dalam acara tersebut turut di meriahkan oleh paduan suara siswa siswi SMAN 2 Lumajang itu sendiri, dan turut hadir para guru pendidik, pengawas dan pembina serta para wali murid.

Dalam kesempatan tersebut pihak sekolah memberikan apresiasi kepada siswa siswi berprestasi meraih nilai tertinggi dan siswa yang lolos seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP) tahun ini 54 siswa.

Muhammad Yatim M.Pd selaku Kepala sekolah SMAN 02 Lumajang, berpesan kepada seluruh siswa siswi agar tetap konsisten menjaga nama baik almamater sekolah yang telah dibangun, serta berharap semoga para siswa siswinya dapat meraih cita cita dan kesuksesan untuk ke depannya.

“Saya selaku kepala sekolah akan menyerahkan kembali anak didik ini kepada orang tua wali melalui komite SMAN 2 Lumajang,” jelasnya.

Selanjutnya Komite sekolah Agus Setiawan mengungkapkan

“Saya selaku Ketua Komite mewakili orang tua wali murid SMA Negeri 2 Lumajang yang hari ini siswa-siswi nya telah diserahkan kembali dan kami menerimanya kembali.

“Alhamdulillah,anak-anak kami kembali dalam keadaan sehat walafiat penuh dengan prestasi yang membanggakan dan memberikan kekuatan untuk kita semuanya, saya merasa bangga dan terharu atas prestasi-prestasi siswa siswi semuanya, saya hampir meneteskan air mata tapi Sengaja saya tahan,” ucapnya.

Saya teringat dulu waktu masih sekolah di SMA Negeri 2. Bagaimana tadi seorang siswa berprestasi membacakan cerita siswa terbaik tadi ,betapa horornya kalau kita mau praktek biologi, bener ya, tapi kita semuanya tentunya sayang kepada bapak ibu guru yang mengajar kepada kita karena bapak ibu guru semuanya punya karakter yang berbeda-beda ada yang lembut, ada yang juga sangat disiplin, ada yang seneng hanya bercanda, ada juga yang senang nyubit.

“Kalau sekarang nggak tahu saya, kalau sekarang di cubit orang tuanya langsung ngomel-ngomel . Saya harapkan ke depan Hubungan antara murid dan ibu bapak guru senantiasa baik. SMA Negeri 2 Kabupaten Lumajang sekarang sangat unggul dan tahun ini prestasinya menanjak naik .Kalau saya tidak salah sesuai dengan data yang disampaikan ke komite tentunya dengan semakin banyaknya prestasi yang diraih oleh SMA Negeri 2 ini menjadi tantangan sendiri untuk kita semuanya,” terang agus.

Terkait erat dengan SMA Negeri 2 kami komite sekolah semakin yakin prestasi sekolah ini akan semakin besar sekaligus besar pula tantangannya, semakin besar di tengah-tengah kebijakan tentang zonasi. Dan juga mungkin anggaran yang belum mencukupi ,kami dari komite beserta dengan ikatan alumni dan dengan bapak ibu dewan guru selalu memutar otak. Bagaimana caranya supaya biaya pendidikan di SMA Negeri 2 ini mencukupi karena setiap bulan selalu ada delegasi-delegasi siswa-siswi SMA Negeri 2 yang dikirimkan ke luar kota untuk mengikuti kompetisi .

Harapan kami pada semuanya baik yang sudah diterima di kampus maupun yang belum, untuk berjuang mendapatkan kampus terbaik dan juga mungkin ada sebagian kecil yang tidak bisa kuliah tetap semangat, tetap yakin bahwa masa depan kita akan Cemerlang .

Kuliah atau tidak, yang penting bekerja, jangan lupa untuk selalu membangun jaringan lintas angkatan, jadi jangan hanya membangun jaringan yang ikatanya sendiri, tapi bangunlah jaringan lintas angkatan karena di luar kota di tempat adik-adik kuliah banyak senior-senior yang patut kita curi ilmunya.

Kenapa beliau-beliau bisa sukses? Jangan pernah lupakan Kabupaten Lumajang karena kita berasal dari Lumajang setidaknya sedikitlah atau banyak untuk berbagi untuk Kabupaten Lumajang ,berbagi pengetahuan keterampilan dan pengalaman. Kunci utama kita sukses adalah orang tua yang paling utama hormati orang tua kita apapun keadaannya, bagaimanapun keadaannya, karena ketika kita mengarungi pasang surut kehidupan.

“Nanti orang tua kita yang selalu mendampingi kita ketika kita sukses ,kita jangan sampai lupa kepada orang tua, Kenapa karena ketika kita sedang pasang surut merekalah yang menenani kita,” tutup Agus Setiawan.

Ningsih

Komentar